Sabtu, 09 Mei 2020

Online Purchase Intention (skripsi dan tesis)

 Niat beli terjadi karena adanya suatu dorongan yang di pikirkan oleh seorang pelanggan di dalam pikirannya sehingga menjadi suatu keinginan. Tidak ada dorongan dalam diri yang menjadi kenyataan jika tidak melalui suatu proses. Dengan adanya proses maka motivasi yang dimiliki oleh konsumen akan menjadi kenyataan. Suatu kemauan seseorang yang kuat di dalam benaknya pada akhirnya akan dipenuhi (Arista dan Astuti, 2011). Niat pembelian secara online saat ini dipengaruhi oleh perubahan teknologi. Dimana, sekarang seseorang dapat memenuhi kebutuhannya dengan sangat mudah. Dengan teknologi, seseorang perlu repot-repot keluar rumah, melainkan dengan berdiam di dalam rumah seseorang sudah bisa melakukan pembelian secara online (Haekal & Widjajanta, 2016). Niat dapat diartikan sebagai suatu kemauan untuk melakukan sesuatu yang ingin dilakukan atau sesuatu yang disukainya. Niat pembelian secara online adalah pembelian yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya (Haekal dan Widjajanta, 2016: 186). Niat membeli adalah suatu rencana yang dibuat oleh seseorang untuk membeli barang atau jasa di masa mendatang. Dengan kata lain, bahwa seseorang dapat merefleksikan pembeliannya terhadap bebrapa produk atau jasa yang sudah direncanakan dengan memakai merek tertentu. Perilaku konsumen dapat diprediksi oleh perusahaan dengan cara melalui intensi pembelian konsumen (Barata, 2007: 67). Adapun indikator dari niat membeli online adalah (Ling, Chai, & Piew, 2010): 
1. Keinginan untuk melakukan transaksi dalam waktu dekat 
2. Keinginan melakukan transaksi 
3. Niat melakukan transaksi di masa datang.

Tidak ada komentar: