Menurut Moriyansyah (2015), terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan
dalam social media marketing strategy, yaitu:
a. Customer engagement
Definisi customer engagement adalah cara dimana perusahaan
menciptakan hubungan dengan basis pelanggannya untuk menumbuhkan
loyalitas dan kesadaran merek. Ini dapat dicapai melalui kampanye
pemasaran, konten baru yang dibuat untuk dan diposting ke situs web, dan
penjangkauan melalui media sosial.
b. Viral marketing
Viral Marketing adalah teknik pemasaran yang mampu menghasilkan
minat dan potensi penjualan merek atau produk melalui pesan yang
menyebar seperti virus, dengan kata lain, dengan cepat, dan dari orang ke
orang. Idenya adalah untuk mendorong para penerima untuk membagikan
konten tersebut secara sendirinya.
c. Buzz marketing
Buzz marketing adalah teknik pemasaran viral yang berfokus pada
memaksimalkan potensi promosi atau produk dari mulut ke mulut, baik itu
melalui percakapan di antara keluarga dan teman konsumen atau diskusi
berskala lebih besar di platform media sosial biasa dilakukan dengan
penggunaan produk/jasa oleh sebuah public figure tanpa sifat promosi.
d. Peer influence
Sebuah keadaan di mana setiap merek bersaing untuk mendapatkan
pelanggan yang spesifik peer influence adalah solusi yang sempurna,
dengan mencari sebuah niche dan mencari sosok figur yang terkenal dan
produk/jasa itu akan diberikan untuk promosi contohnya influencer di
media sosial.
Online communities
Dikarenakan dengan kemudahan untuk komunikasi, komunitas online
pun sudah banyak, bisa ditargetkan iklan/promosi untuk komunitas tersebut
seperti: Jika ada komunitas online pelancong bisa saja memberi diskon/
mengiklankan Hotel di komunitas online tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar