Kamis, 28 Mei 2020

Aspek Social Media Marketing Strategy (skripsi dan tesis)

 Menurut Moriyansyah (2015), terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam social media marketing strategy, yaitu: 
a. Customer engagement
 Definisi customer engagement adalah cara dimana perusahaan menciptakan hubungan dengan basis pelanggannya untuk menumbuhkan loyalitas dan kesadaran merek. Ini dapat dicapai melalui kampanye pemasaran, konten baru yang dibuat untuk dan diposting ke situs web, dan penjangkauan melalui media sosial. 
b. Viral marketing 
Viral Marketing adalah teknik pemasaran yang mampu menghasilkan minat dan potensi penjualan merek atau produk melalui pesan yang menyebar seperti virus, dengan kata lain, dengan cepat, dan dari orang ke orang. Idenya adalah untuk mendorong para penerima untuk membagikan konten tersebut secara sendirinya. 
c. Buzz marketing 
Buzz marketing adalah teknik pemasaran viral yang berfokus pada memaksimalkan potensi promosi atau produk dari mulut ke mulut, baik itu melalui percakapan di antara keluarga dan teman konsumen atau diskusi berskala lebih besar di platform media sosial biasa dilakukan dengan penggunaan produk/jasa oleh sebuah public figure tanpa sifat promosi.  
d. Peer influence 
Sebuah keadaan di mana setiap merek bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang spesifik peer influence adalah solusi yang sempurna, dengan mencari sebuah niche dan mencari sosok figur yang terkenal dan produk/jasa itu akan diberikan untuk promosi contohnya influencer di media sosial. Online communities Dikarenakan dengan kemudahan untuk komunikasi, komunitas online pun sudah banyak, bisa ditargetkan iklan/promosi untuk komunitas tersebut seperti: Jika ada komunitas online pelancong bisa saja memberi diskon/ mengiklankan Hotel di komunitas online tersebut. 

Tidak ada komentar: