Menurut Chris Heuer, pendiri Social Media Club dan inovator media baru yang dimuat dalam Solis
(2010:263) bahwa terdapat 4C dalam menggunakan Media Sosial, yaitu: (1) Context adalah bagaimana
seseorang membingkai suatu cerita melalui penggunaan bahasa dan isi pesan. Hal ini dapat berupa grafik,
warna dan disain yang menarik; (2) Communication adalah yaitu cara bagaimana menyampaikan dan berbagi
(share) yang membuat seseorang mendengar, merespon, dan nyaman untuk membagikan pesan kepada khalayak; (3) Collaboration adalah kerja sama antara pemberi dan penerima pesan, antara akun dengan
followers, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan efektif dan efisien; (4) Connection adalah cara
bagaimana menjalin hubungan yang berkelanjutan.
Dari pernyataan Solis, dalam penggunaan media sosial ada konteks dalam isi pesan dan bahasa yang
digunakan misalnya foto yang di-upload dalam konteks Hari Valentine, maka pesan dan bahasa yang
digunakan berkaitan dengan kasih sayang yang dirayakan pada hari Valentine. Kemudian juga ada komunikasi
yang terjadi dalam media sosial, yaitu membaca pesan, merespon dengan memberikan komen dan me-repost
kepada pengguna lainnya. Dalam media sosial juga terjadi kerjasama dalam bentuk hastag misalnya
mempromosikan produk Lipstik. Berikutnya adalah adanya koneksi yang dapat dilanjutkan dengan chat
pribadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar