Manajemen sumber daya manusia (SDM) bertujuan untuk membina orang
(SDM) sehingga orang (SDM) dapat digunakan secara efektif dan efisien untuk
mencapai tujuan perusahaan. Mendorong orang (SDM) untuk mencapai tujuan
perusahaan dengan mengacu pada "prinsip panduan umum". Sebaliknya,
manajemen sumber daya manusia lebih menekankan pada “role/human-nature
approach” dalam pekerjaannya untuk mencapai pencapaian tujuan perusahaan
yang optimal. Dalam kepemimpinan sumber daya manusia, manajemen selalu
menyimpang dari inti emosi dan kinerja, bukan posisi, kekuasaan dan tangan besi.
Selain itu, administrasi juga harus menerapkan prinsip kepuasan karyawan
yang dipercayakan dalam pelaksanaan tugas administrasinya. Agar kepuasan
karyawan terwujud secara bertanggung jawab, maka motivasi karyawan untuk
menerima dan melaksanakan tugasnya segera mengikuti. Selain itu, kondisi ini juga
membawa kepuasan bagi masyarakat yang secara tidak langsung menggunakan jasa
yang disediakan oleh organisasi/perusahaan (Sholeh, 2020).
Tujuan manajemen sumber daya manusia menurut Samsudin (2010) adalah
untuk meningkatkan kontribusi produktif karyawan kepada perusahaan dengan cara
yang strategis, etis, dan bertanggung jawab secara sosial. Tujuan MSDM adalah :
a) Tujuan Sosial
Untuk organisasi atau bisnis yang mengambil tanggung jawab sosial dan etika
terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak
negatifnya.
b) Tujuan Organisasional
Secara formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.
c) Tujuan Fungsional
Mempertahankan kontribusi departemen SDM pada tingkat yang memenuhi
kebutuhan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar