Kinerja karyawan diartikan sebagai apa yang mereka lakukan atau tidak
lakukan. Apa yang menentukan seberapa besar kontribusi karyawan terhadap bisnis
adalah kinerja mereka.
Menurut Afandi (2018:83) Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh
seseorang atau kelompok orang dalam suatu perusahaan sesuai dengan wewenang
dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan organisasi
secara illegal, tidak melanggar hukum dan tidak bertentangan dengan moral dan
etika.
Perkembangan perusahaan juga tercermin dari kinerja karyawannya. Presentasi
Karyawan terlibat langsung dalam pengembangan perusahaan. Prestasi biasanya
diartikan sebagai keberhasilan individu dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja
pegawai merupakan hasil kerja yang telah dilakukan seseorang dalam
melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya untuk mencapai tujuan
pekerjaannya.
Kinerja karyawan merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan
atau organisasi dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, pimpinan harus
memperhatikan kinerja karyawan karena kinerja karyawan yang buruk dapat
mempengaruhi kinerja seluruh organisasi (Wiradyatmika, 2022).
Kinerja merupakan perilaku nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai
prestasi kerja yang dihasilkan oleh pegawai sesuai dengan perannya dalam
perusahaan (Rivai, 2012).
Menurut Simanjuntak (2010 : 1), Kinerja adalah pencapaian hasil dalam
melaksanakan tugas tertentu. Efektivitas bisnis adalah tingkat hasil yang dicapai
dalam mencapai tujuan bisnis. Manajemen kinerja adalah kegiatan yang luas
dengan tujuan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan, serta kinerja
unit kerja dan karyawan individu.
Sementara menurut Wibowo (2010 : 4) Kinerja itu merupakan pelaksanaan atau
perencanaan yang telah dibuat. Layanan ini dilakukan oleh personel yang
berkualitas, mampu, termotivasi dan tertarik. Bagaimana organisasi menghargai
dan memperlakukan orang-orangnya memengaruhi sikap dan perilaku dalam
penyampaian layanan.Setiap perusahaan atau instansi selalu mengusahakan agar
karyawannya dapat bekerja dengan sebaik-baiknya dalam bentuk memberikan
kinerja yang terbaik.
Kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan
sebagai tolak ukur keberhasilan usaha, karena kinerja merupakan hasil kerja
karyawan tersebut yang menunjukkan keberhasilannya dalam menunaikan
tugasnya. Semakin tinggi kinerja karyawan maka semakin baik pula kinerja
perusahaan atau organisasi tersebut (Fauzi & Wakhidah, 2020).
Dari beberapa pendapat di atas kinerja pegawai adalah hasil kerja yang
dilakukan seorang pegawai sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan pada waktu
tertentu. Tujuan perusahaan melakukan evaluasi personel untuk melakukan
evaluasi personel terutama didasarkan pada dua alasan, yaitu :
1) Manajer secara objektif mengevaluasi kinerja karyawan masa lalu yang
digunakan untuk membuat keputusan kepegawaian di masa depan.
2) Manajer membutuhkan alat yang dapat mendukung karyawannya dalam
meningkatkan kinerja, merencanakan pekerjaan, mengembangkan
keterampilan dan kompetensi untuk pengembangan karir, serta meningkatkan
kualitas hubungan manajer-karyawan yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar