Selasa, 07 Juni 2022

Inovasi (skripsi, tesis, dan disertasi)

Menurut Myers dan Marquis (2003) dalam Soleh (2008) bahwa inovasi berangkat pada sesuatuyang sudah ada sebelumnya,kemudian diberi nilai tambah, inovasi bermula dari hal yang tampak sepele dengan membuka mata dan telinga mendengarkan aspirasi konsumen, karyawan,lingkungan dan masyarakat. Subyek penerapan inovasi sendiri adalah individu, kelompok atau perusahaan. artinya dalam perusahaan ada individu atau kelompok yang brilian dan inovatif.Perusahaan yang ideal dapat menjadi tempat yang terlembagakan bagi orang-orang yang terkumpul untuk mengeksploitasi ide-ide baru.Menurut Regis Calbral (2003), Inovasi adalah elemen baru yang diperkenalkan dalam jaringan yang dapat
mengubah, meskipun hanya sesaat, baik harganya, pelakunya,. elemen-nya atau simpul dalam jaringan,Inovasi adalah sesuatu yang berkenaan dengan dengan barang, jasa atau ide yang dirasakan baru oleh seseorang. Menurut Larsen, P dan Lewis, A (2007) yang dikutip dalam Ernani Hadiyati, (2011:11) menyatakan bahwa : “Salah satu karakter yang sangat penting dari wirausahawan adalah kemampuannya berinovasi ” .Hal yang sama dikemukakan dengan Hills (2008) yang ditulis pada penelitian Ernani Hadiyati (2011:11) menyatakan bahwa : “ inovasi sebagai ide, praktek atau obyek yang dianggap baru oleh seorang individu atau pengguna lainnya.” . Sedangkan Ernani Hadiyati (2011:11) menulis bahwa Suryana (2003) manyatakan “ inovasi yaitu sebagai kemampuan untuk menerapkan dalam rangka memecahkan persoalan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan.” Perusahaan dapat melakukan inovasi dalam bidang :Inovasi produk (barang, jasa, ide dan tempat), danInovasi manajemen (proses kerja, proses produksi, keuangan pemasaran, dll).Menurut Ancok (2012). Ada dua jenis perubahan inovasi yaitu suatu bentuk perubahan yang bersifat inkremental dan perubahan radikal.Perubahan okremental yaitu suatu perubahan yang dilakukan berbenah/memperbaiki yang sudah ada sedangkan perunahan radikalyaitu perubahan secara menyeluruh, serta totalitas yang sebelumnya pernah dilakukan contoh pemakaian sistem baru, penciptaan produk baru.Berikut terdapat delapan jenis inovasi
1.Inovasi prosesSebuah proses dalam pembuatan suatu produk, atau penyampaian sebuah layanan kepada pelanggan. Dalam kegiatan operasional sebuah organisasi harus menyederhankan proses kerja untuk memproleh efisiensi, atau menerapkan pola proses yang lama dengan menemukan atau mengunakan proses yang baru, kegiatan ini adalah inovasi proses.2.Inovasi metodeInovasi yang dilakukan dengan mengantikan metode/cara-cara lama dengan cara baruagar lebih efektif.3.Inovasi struktur organisasiInovasi juga dilakukan melalui prubahan struktur organisasi yang akhir-akhir ini ditemukan macam-macam model organisasi baru yang merupakan hasil inovasi seperti organisasi lintas fungsi (cross funcional organization)dan organisasi jaringan (network organization).4.Inovasi dalam hubunganHubungan bisnis yang semula mengabaikan peran para pelanggan (costumer)dan pemasok (vendor)membuat biaya bisnis menjadi tinggi, sekarang beralih kepada betapa pentingnya peran konsumen dan pemasok terhadap kelangsungan perusahaan dan berusaha menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dalam inovasi hubungan ini sejalan dengan pendapat Chen dalam Gallo (2009).
Factor utama kesuksesan untuk setiap orang yang berada dalam posisi kepemimpinan adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan penuh hasrat, kejelasan dan keringkasan.5.Inovasi strategiInovasi strategi adalah suatu perubahan strategi yang dilakukan perusahaan dengan melihat perkembangan-perkembangan, sebagai contoh dahulu orang melihat kedalam dirinya sendiri (inward looking)sekarang beralih ke (outward looking).6.Inovasi pola fikir (mindset)Pola pikir menetukan tindakan apa yang kita ambildalam mengahdapi suatu masalah. Pola pikir bahwa karyawan adalah orang yang malas, tidak bertanggung jawab, hanya mau dapat upah dengan bekerja seadanya adalah sebuah pola pikir lama yang dianut dalam ilmu manajemen menurut (Gregor) dengan teori X, kemudian berkembang berkembang pola pikir kearah positif sebagai teori Y, pekerja dianggap orang yang menyukai pekerjaan, rajin, dan bertanggung jawab, inovasi pola pikir ini telah banyak membawa perubahan terhadapimagepekerja.7.Inovasi produkPenguna produk menginginkan produk multiguna sebagai contoh handphone diawal hanya sebagai alat telepon kini berkembangan sebagai alat bermacam-macam fungsi.
 8.Inovasi pelayananPelayanan adalah bagian yang sangat penting dari pemasaran produk atau jasa, karena pelayananmenyangkut emosi, waktu, prilaku. Perusahaan akan selalu berinovasi agar pelayanan dapat lebih maksimal salah satu inovasi adalah one stop service
 
 

Tidak ada komentar: