Manajemen
pemasaran di sebuah perusahaan memiliki peran penting dalam mencapai tujuan.
Tugas manajemen pemasaran adalah melakukan perencanaan mengenai bagaimana
mencari peluang pasar untuk melakukan pertukaran barang dan jasa dengan
konsumen. Setelah itu, manajemen pemasaran mengimplementasikan rencana tersebut
dengan cara melaksanakan strategi pemasaran untuk menciptakan dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan konsumen demi tercapainya
tujuan perusahaan.
Untuk
mengetahui lebih jauh tentang manajemen pemasaran, berikut ini beberapa ahli
mengemukakan pendapat mereka mengenai manajemen pemasaran.
Menurut
Kotler & Keller yang dialihbahasakan oleh Benjamin Molan (2007) :
“ Manajemen Pemasaran adalah sebagai seni dan ilmu
memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan
dengan menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang
unggul”.
Sedangkan
pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma (2004):
“Manajemen pemasaran adalah merencanakan,
mengarahkan, dan mengevaluasi seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun
bagian dari perusahaan”.
Dari
kedua definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran
merupakan proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program yang
dirancang untuk menciptakan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli demi
memenuhi atau mencapai tujuan individu dan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar