Pada dasarnya tidak ada aturan baku mengenai
pengambilan ukuran dari sampel selama sampel sudah mewakili karakteristik dari
populasi. Namun dalam penelitian yang bersifat psikologi seperti pada
penelitian pendidikan, Semakin besar jumlah akan menghasilkan data yang lebih
stabil. Selain dari karakteristik peneliti juga harus mempertimbangkan jumlah
data yang dibutuhkan untuk keperluan analisis Statistik.
Sebagai contoh jika
penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membandingkan dua bua grouph dengan
satu variabel pembanding, analisis yang dilakukan untuk data yang terdistribusi
normal adalah untuk distribusi t mengharuskan minimal jumlah data terdiri dari
30 data karena kurang dari itu tidak menghasilkan analisis yang baik dan tidak
lebih dari 60 data.
Beberapa ahli
memberikan gambaran mengenai jumlah sampel yang berbeda-beda namun pertimbangan
jenis dan bidang penelitian sebaiknya dijadikan acuan untuk memilih ukuran
sampel.
Sebagai gambaran
pendapat beberapa ahli mengenai jumlah sampel Gay dan Diehl (1992) pada kajian
penelitian untuk kelas bisnis dan manajemen memberikan sara ukuran sampel
minimal
a.
Penelitian deskriptif, jumlah sampel
minimum adalah 10% dari populasi Penelitian korelasi, jumlah sampel minimum
adalah 30 subjek
b.
Penelitian kausal perbandingan, jumlah
sampel minimum adalah 30 subjek per group
c.
Penelitian eksperimental, jumlah sampel
minimum adalah 15 subjek per group
Frankel dan Wallen
(1993) pada kajian penelitian evaluasi pendidikan menyarankan Penelitian
deskriptif jumlah sampel minimum adalah 100 sampel Penelitian jumlah sampel
minimum adalah 50 sampel Penelitian kausal-perbandingan sebanyak 30 sampel
untuk setiap group Penelitian eksperimental sebanyak 30 atau 15 per group
Roscoe, Ukuran sampel
penelitian dibedakan menjadi 4 (empat), yaitu :
a.
Ukuran sampel lebih dari 30 dan kurang
dari 500 adalah tepat untuk kebanyakan penelitian
b.
Jika sampel dipecah ke dalam subsampel
(pria/wanita, junior/senior, dan sebagainya), ukuran sampel minimum 30 untuk
tiap kategori adalah tepat
c.
Dalam penelitian mutivariate (termasuk
analisis regresi berganda), ukuran sampel sebaiknya 10x lebih besar dari jumlah
variabel dalam penelitian
d.
Untuk penelitian eksperimental sederhana
dengan kontrol eskperimen yang ketat, penelitian yang sukses adalah mungkin
dengan ukuran sampel kecil antara 10 sampai dengan 20
Isaac dan Michael
memberikan gambaran mengenai metode pengambilan sampel disesuaikan dengan taraf
signifikansi dari penelitian yakni 1%, 5%, dan 10%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar