Dimensi organizational citizenship behavior (Organ, et al. 2006, p120) adalah
sebagai berikut:
1. Altruism
Perilaku Pegawai dalam menolong rekan kerjanya yang mengalami kesulitan
dalam situasi yang sedang dihadapi baik mengenai tugas dalam organisasi
maupun masalah pribadi orang lain. Dimensi ini mengarah kepada memberi
pertolongan yang bukan merupakan kewajiban yang ditanggungnya. Seperti
menggantikan rekan kerja yang tidak masuk atau istirahat, membantu
pelanggan dan para tamu jika mereka membutuhkan bantuan, membantu orang
lain yang pekerjaannya overload, membantu proses orientasi karyawan baru
meskipun tidak diminta, meluangkan waktu untuk membantu orang lain
berkaitan dengan permasalahan pekerjaan.
2. Conscientiousness
Perilaku yang ditunjukkan dengan berusaha melebihi yang diharapkan
perusahaan. Perilaku sukarela yang bukan merupakan kewajiban atau tugas
Pegawai. Dimensi ini menjangkau jauh diatas dan jauh ke depan dari panggilan
tugas. Seperti patuh terhadap peraturan yang berlaku diperusahaan, tiba lebih
awal sehingga siap bekerja pada saat jadwal kerja dimulai dan berbicara seperlunya dalam percakapan di telepon, mempergunakan waktu kerja dengan
baik tidak menghabiskan waktu untuk pembicaraan diluar pekerjaannya.
3. Sportmanship
Perilaku yang memberikan toleransi terhadap keadaan yang kurang ideal dalam
organisasi tanpa mengajukan keberatan-keberatan. Seseorang yang mempunyai
tingkatan yang tinggi dalam spotmanship akan meningkatkan iklim yang
positif diantara pegawai, pegawai akan lebih sopan dan bekerja sama dengan
yang lain sehingga akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih
menyenangkan. Seperti kemauan untuk bertoleransi tanpa mengeluh dengan
menahan diri dari aktivitas mengeluh dan mengumpat dan tidak membesarbesarkan permasalahan di luar proporsinya
4. Civic virtue
Perilaku yang mengindikasikan tanggung jawab pada kehidupan organisasi
Dimensi ini mengarah pada tanggung jawab yang diberikan organisasi kepada
seorang untuk meningkatkan kualitas bidang pekerjaan yang ditekuni. Seperti
mengikuti perubahan-perubahan dan perkembangan dalam organisasi dan
membuat pertimbangan dalam menilai apa yang terbaik untuk organisasi, dan
memberikan perhatian terhadap kegiatan yang membantu image perusahaan.
5. Courtessy
Perilaku meringankan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan yang dihadapi
orang lain. Seperti: Menjaga hubungan baik dengan rekan kerjanya agar
terhindar dari masalah-masalah interpersonal, membantu teman kerja
mencegah timbulnya masalah sehubungan dengan pekerjaannya dengan cara
memberi konsultasi dan informasi. Seseorang yang memiliki dimensi ini adalah
orang yang menghargai dan memperhatikan orang lain.
Beberapa pengukuran lain mengenai ke lima dimensi organizational citizenship
behavior menurut Luthans (2006) adalah :
1. Altruism - Menolong teman kerja ketika sakit.
2. Conscientiousness - Pulang telat untuk menyelesaikan pekerjaan.
3. Sportmanship - Menceritakan kegagalan tim project dan mendengarkan saran
dari anggota yang mungkin dapat membuat sukses.
4. Courtesy - Mampu mengerti dan berempati kepada keadaan perusahaan
meskipun dihasut.
5. Civic Virtue - Menjadi sukarelawan untuk program komunitas perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar