Efikasi diri dalam bekerja atau bisa disebut dengan efikasi kerja
merupakan suatu konsep yang berasal dari efikasi diri tetapi lebih spesifik
pada masalah pekerjaan. Efikasi kerja adalah keyakinan seseorang mengenai
kemampuan dan kompetensinya dalam menampilkan unjuk kerja yang baik
pada berbagai jenis tugas dan situasi pekerjaan (Schyns dan Von Collani
(dalam Schyns, 2009). Efikasi kerja juga merupakan pertimbangan seseorang
berdasarkan kemampuan mereka untuk melakukan tugas-tugas dasar yang
diperlukan dalam bekerjadan mempertahankan pekerjaan tersebut (Larson,
2008). Sedangkan menurut Bandura (dalam Sulistyawati dkk, 2012), efikasi
kerja merupakan keyakinan dalam diri individu akan kemampuan yang
dimiliki dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu, menghadapi rintangan
dan melakukan tindakan sesuai situasi yang dihadapi untuk meraih
keberhasilan yang diharapkan.
Penggunaan konsep efikasi kerja dianggap konsep yang tepat untuk
melihat efikasi diri karena dalam bekerja seseorang tenaga kerja tidak hanya
mengerjakan satu tugas yang spesifik, melainkan juga melakukan lebih dari satu tugas. Konsep general self efficacy dianggap kurang menguntungkan
apabila digunakan dalam lingkup organisasi karena konsepnya terlalu luas dan
umum di setiap domain, sehingga sebaiknya lebih di spesifikkan pada lingkup
pekerjaan (Schyns, 2009).
Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri
bekerja merupakan kemampuan individu untuk dapat mengontrol dan
membuat keputusan yang tepat dalam menghadapi situasi tertentu dalam
mencapai tujuan dan juga merupakan sejauh mana seseorang berfikir akan
kemampuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar