Eisenberger (2002) mengemukakan ada 3 aspek dalam perceived
organizational support, antara lain :
a. Dukungan Atasan
Keadaan dimana karyawan menerima perhatian khusus dan kesejahteraan
dari manajer atau atasannya. Sejauh mana atasan memberi dorongan pada karyawannya dalam meningkatkan potensi diri dan menerapkan
kemampuan karyawan ke dalam tempat kerja
b. Penghargaan
Sesuatu yang di berikan pada karyawan jika karyawan tersebut telah
melakukan pekerjaan tidak hanya pada tugas pokoknya saja, tetapi juga
bekerja lebih dengan hasil yang memuaskan demi kemajuan organisasi.
Penghargaan biasanya diberikan dalam bentuk gelar, sertifikat, plakat atau
pita.
c. Kondisi kerja
Kondisi atau keadaan lingkungan kerja di suatu perusahaan yang menjadi
tempat bekerja para karyawan yang bekerja di dalam lingkungan tersebut.
Karyawan akan merasa puas apabila karyawan merasakan kondisi kerja
yang menyenangkan, aman, dan kondusif, maka karyawan akan cenderung
menyukai pekerjaannya dan saling membantu sesama karyawan agar dapat
mempermudah menyelesaikan pekerjaan.
Menurut Rhoades (2002) perceived organizational support terdiri dari
2 aspek yaitu:
a. Penghargaan pada kontribusi karyawan
Penghargaan yang merujuk kepada kontribusi yang telah diberikan
karyawan kepada perusahaan. Penghargaan dapat di tetapkan berdasarkan
senioritas, prestasi kerja, panduan insentif, dan program yang ada di dalam
perusahaan. b. Perhatian atau peduli terhadap kesejahteraan karyawan
Mengupayakan kesejahteraan karyawan dan keluarganya melalui
kompensasi, tunjangan, serta kebijakan - kebijakan dan praktek - praktek
pengelolaan SDM lainnya.
Berdasarkan uraian di atas, dapat di simpulkan bahwa menurut
Eisenberger (2002) aspek - aspek dalam perceived organizational support
terbagi menjadi 3 yaitu dukungan atasan, penghargaan, dan kondisi kerja.
Sedangkan menurut Rhoades (2002) aspek - aspek perceived organizational
support meliputi penghargaan pada kontribusi karyawan dan perhatian atau
peduli terhadap kesejahteraan karyawan. Pada penelitian ini, peneliti memilih
aspek - aspek yang dikemukakan Eisenberger (2002), karena aspek yang
dibuat lebih detail sehingga memudahkan peneliti dalam pembuatan
instrumen pengumpulan data
Tidak ada komentar:
Posting Komentar