Seorang konsumen seringkali tidak menyadari awal mula
bagaimana ia kemudian memiliki minat pembelian pada suatu produk.
Sebelum memiliki keinginan atau hasrat emosional untuk memiliki
produk, ada tahapan yang terjadi pada benak konsumen dan menjadi
dorongan dalam melakukan pembelian.
Pernyataan dari Kotler (2008) ada empat tahapan yang terjadi
sebelum minat pembelian ini timbul dan tahapan ini dikenal dengan
model AIDA, yaitu:
1. Attention. Ini adalah tahapan awal saat konsumen menaruh
perhatiannya pada suatu produk saat ia menjumpainya di pasaran.
Calon konsumen juga melakukan analisis produk serta
mempelajari produk atau jasa yang ditawarkan.
2. Interest. Dalam tahapan ini calon konsumen mulai mendapati
dirinya memiliki ketertarikan pada suatu produk setelah mendapat
informasi yang terperinci mengenai keadaan suatu produk
tersebut.
3. Desire. Rasa ingin memiliki dan mencoba produk tersebut sudah
muncul. Namun calon konsumen masih berdebat dengan dirinya
dan meyakinkan apakah produk tersebut memang layak untuk
dimiliki dan memenuhi ekspektasi yang diharapkan.
4. Action. Pada tahap ini calon konsumen sudah memeiliki
kemantapan yang tinggi dan sampai pada keputusan akhir apakah
ia akan membeli produk tersebut atau tidak.
Dapat disimpulkan dari tahapan minat beli ini sebenarnya terjadi
secara alamiah pada benak konsumen serta dorongan emosional ketika
seorang konsumen menjumpai sebuah produk. Tahapan yang
mempengaruhinya yaitu attention atau rasa penasaran yang timbul pada
awal menjumpai produk yang kemudian berlaih ke tahapan interest atau
ketertarikan yang dimiliki setelah memiliki informasi cukup mengenai
produk dan semakin berkembang lagi ke tahapan desire yakni puncak
dari rasa penasaran hingga menimbulkan rasa untuk mencoba dan bahkan
memiliki produk yang ditemui tersebut, dan pada tahapan akhirnya yaitu
action yaitu keputusan final dan tindakan yang akan diambil terhadap
produk tersebut. Semua tahapan ini merupakan proses yang ada dan
terjadi saat sebelum seorang konsumen dapat dikatakan memiliki minat
beli pada sebuah produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar