Minat beli merupakan perilaku ketika seorang konsumen
mengenali suatu merek dan memiliki tekad untuk membeli atau
memiliki. Pada mulanya individu akan mencari kepuasan dari produk
yang ditemuinya lalu kemudian akan timbul sebuah hasrat untuk
memiliki produk tersebut. Assael dalam Wiratnaya (2014) menyatakan
minat beli konsumen timbul dan terbentuk setelah konsumen melakukan
evaluasi terlebih dulu terhadap suatu merek dan akan melakukan
pembelian terhadap merek yang dapat meemberikan tingkat paling tinggi
dari kepuasan yang diharapkan.
Rossiter dan Percy dalam Kumala (2012) mengemukakan bahwa
minat beli merupakan sebuah instruksi diri konsumen untuk melakukan
pembelian atas suatu produk, melakukan perencanaan, mengambil
tindakan-tindakan yang relevan seperti mengusulkan, dan akhirnya
mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.
Konsumen yang memiliki ketertarikan pada suatu produk akan
melakukan pencarian informasi lebih lanjut mengenai produk yang
mereka inginkan tersebut. Mengutip dari Keller (2012:113) bahwa minat
beli adalah seberapa besar kemungkinan konsumen membeli suatu merek
atau seberapa besar kemungkinan konsumen untuk berpindah dari satu
merek ke merek yang lain. Dapat dikatakan bahwa minat beli juga
berlaku pada beberapa merek lain disaat yang bersamaan.
Rabu, 27 Oktober 2021
Pengertian Minat Beli (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar