Brand personality merupakan sebuah pembentukan identitas di
kalangan konsumen yang sedemikian rupa dibentuk dengan komponenkomponen pembentuk yakni logo, kemasan, desain, slogan, dsb. Brand
personality ini bisa dikatakan sebagai identitas pengenal yang dibagikan di
tengah-tengah masyarakat untuk kedepannya menciptakan suatu persepsi
positif mengenai produk tersebut. Persepsi yang tercipta inilah yang
disebut dengan citra merek. Seperti pernyataan Aaker dalam Tingkir
(2014) bahwa agar menjadi efektif, identitas merek perlu beresonansi
dengan konsumen, membedakan merek dengan pesaing, dan mewakili apa
yang akan dilakukan oleh perusahaan dari waktu ke waktu.
Pembentukan brand personality dengan karakteristik yang kuat
akan menciptakan sebuah persepsi yang menggiring pada terciptanya citra
merek di dalam benak konsumen.Brand personality yang efektif akan
menimbulkan citra merek positif di pasaran, semakin luas cakupan pasar
yang dimiliki oleh merek tersebut maka citra merek yang positif juga ikut
tercipta luas untuk para calon konsumen. Namun dapat dikatakan juga
bahwa citra merek sejatinya ikut menguatkan brand personality suatu
merek, karena karakteristik merek tersebut sudah melekat di benak
konsumen sehingga akan lebih mudah diidentifikasi di pasaran.
Rabu, 27 Oktober 2021
Pengaruh Brand Personality terhadap Citra Merek (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar