Jumat, 29 Oktober 2021

Intellectual Capital (skripsi dan tesis)


Modal intelektual adalah jumlah semua yang diketahui semua orang di
perusahaan yang memberikan keunggulan kompetitif. Modal intelektual adalah
pengetahuan material intelektual, kekayaan intelektual, informasi, pengalaman
yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kekayaan (Stewart, 2010). Modal
intelektual mencakup aset seperti merek, hubungan pelanggan, paten, merek
dagang, dan tentu saja pengetahuan. Perbedaan tumbuh antara nilai pasar dan nilai
buku perusahaan sebagian besar dikaitkan dengan modal intelektual, bisnis yang
menopang pertumbuhan di masa depan (Choudhury, 2010).
Suatu organisasi yang memiliki prosedur yang baik maka intellectual
capital akan mencapai kinerja secara optimal. Relational capital merupakan
hubungan yang terjalin antara perusahaan dengan para mitranya. Relational capital
merupakan pengetahuan yang dibentuk dalam marketing untuk mengembangkan
potensi yang dimiliki perusahaan melalui jalannya bisnis. Relational capital yang 
tinggi akan dapat mendorong peningkatan terhadap kinerja keuangan (Kweh et al,
2019).
Saat ini belum ada peraturan yang mewajibkan perusahaan harus
mengungkapkan modal intelektual. Sehingga pengungkapan dilakukan secara
sukarela. The International Federation of Accountan IFAC (1998)
mengklasifikasikan IC menjadi tiga kategori, yaitu Relational Capital,
Organizational Capital, dan Human Capital (Ulum, 2013).
Human CapitaI adalah kemampuan kolektif individu atau perusahaan untuk
mengekstraksi solusi terbaik dari pengetahuan orang-orangnya, dan mewakili
kreativitas dan inovasi yang ada dalam pikiran setiap karyawan untuk memberikan
solusi kepada pelanggan (Lim et al., 2010.) Modal manusia dianggap sebagai aset
paling berharga bagi sebagian besar organisasi berbasis pengetahuan dan ada
beberapa penelitian yang terkait dengan pengaruh modal manusia terhadap kinerja
organisasi (Córcoles & Ponce, 2013; Mehralian et al., 2013).
Modal relasional (Relational Capital) meliputi; hubungan pelanggan,
hubungan pemasok, hubungan publik dan hubungan investor. Hubungan pelanggan
mengacu pada hubungan antara organisasi dan pelanggannya. Aspek seperti
layanan pelanggan yang baik meningkatkan hubungan yang baik dengan
pelanggan. Hubungan pemasok terkait dengan hubungan dengan pemasok termasuk
pemasok saat ini dan potensial. Mengelola hubungan pemasok melibatkan
melakukan kegiatan yang meningkatkan hubungan selama pembelian (Abdulaali,
2018).
Bisnis mengambil tindakan yang meningkatkan hubungan investor seperti
yang memberikan informasi akurat kepada investor untuk membantu mereka dalam
pengambilan keputusan. Modal relasional, misalnya, cenderung ditentukan oleh
komunikasi antara organisasi dan pelanggan; beberapa elemen dalam modal
pelanggan termasuk pasar berbagi, laba yang dihasilkan per pelanggan dan tingkat
retensi pelanggan. Modal relasional melibatkan pengetahuan yang tersedia dalam
berbagai hubungan di dalam organisasi (Abdulaali, 2018). 
Structural capital berkaitan dengan sistem dan struktur suatu perusahaan.
Ini adalah rutinitas bisnis. Perusahaan dengan kuat modal struktural akan
menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk memanfaatkan manusia modal
dan memungkinkan modal manusia untuk mewujudkan potensi penuhnya, dan
kemudian untuk meningkatkan modal inovasi dan modal pelanggan. (Ramezan,
2011).
Seperti penelitian sebelumnya (lihat Boujelbene & Affes, Mangena et al.,
2010) item pengungkapan modal intelektual dibagi menjadi modal intelektual
manusia, modal intelektual struktural dan modal intelektual relasional.

Tidak ada komentar: