Rabu, 27 Oktober 2021

Produk (skripsi dan tesis)

Banyak orang menganggap produk adalah suatu penawaran nyata, tetapi produk bisa lebih dari itu. Secara luas, produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, informasi, dan ide (Kotler dan Keller, 2009:4). Definisi produk Menurut kotler yang diterjemahkan oleh Alma (2007:139) menyatakan bahwa: “Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar, untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen”. 
Menurut Kotler yang diterjemahkan oleh Molan (2005:69) mengenai produk yaitu: “Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan”. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, event, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide. Sifat terpenting dari produk adalah kemampuannya untuk memenuhi dan memuaskan suatu kebutuhan, yaitu masalah memenuhi kebutuhan. Dari definisi-definisi menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa produk merupakan sesuatu yang bersifat nyata maupun tidak nyata yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pembeli.

Tidak ada komentar: