Menurut Kotler dan Amstrong dalam Manap (2016:79) Manajemen
pemasaran adalah kegiatan menganalis, merencanakan, mengimplementasi, dan
mengawasi segala kegiatan (program), guna memperoleh tingkat pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran dalam rangka mencapai tujuan
organisasi.
Menurut Kotler dan Armstrong dalam Janah (2017:3) mendefinisikan bahwa
Marketing is about identifying and meeting human and social needs. One of the
shortest good definitions of marketing is meeting needs profitably, yang artinya
pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.
Salah satu definisi yang baik yang singkat dari pemasaran adalah memenuhi
kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Menurut Kotler dalam Limakrisna dan susilo (2012 : 3) manajemen
pemasaran adalah suatu proses sosial perencanaan dan pelaksanaan pemikiran,
penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk
meciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan induvidu dan organisasi
pembeli potensial.
Sehingga dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen
pemasaran merupakan suatu kegiatan tentang sebuah pertukaran yang
menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan memberikan suatu keuntungan
kebutuhan manusia dan sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar