Keputusan untuk membeli yang diambil oleh pembeli itu
sebenarnya merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan (Kotler, 2004).
Swastha mengatakan setiap keputusan membeli mempunyai suatu struktur
sebanyak tujuh keputusan (Wijaya, 2011), meliputi:
a. Keputusan tentang jenis produk
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli suatu jenis
produk atau menggunakan uangnya untuk tujuan tertentu.
b. Keputusan tentang bentuk produk
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli bentuk produk
tertentu.
c. Keputusan tentang merek
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merek aman yang akan
dibelinya karena setiap merek memiliki daya tarik dan perbedaanperbedaan tersendiri.
d. Keputusan tentang penjualnya
Konsumen harus mengambil keputusan dimana produk akan dibeli
termasuk di dalamnya, yaitu tentang lokasi produk tersebut dijual.
e. Keputusan tentang jumlah produk
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk
yang akan dibelinya pada suatu saat.
f. Keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus
melakukan pembelian.
g. Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen harus mengambil keputusan tentang model atau cara
pembelian produk yang dibeli, apakah secara tunai atau cicilan.
Rabu, 27 Oktober 2021
Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar