Manajemen pemasaran atau marketing management berasal dari dua kata
management dan marketing, yaitu dua ilmu yang terpisah kemudian dipadukan
dalam suatu kegiatan. Artinya, fungsi - fungsi yang ada dalam kedua ilmu tersebut
digabung dalam bentuk kerja sama.
Fungsi manajemen pemasaran menurut Tery dalam Manap (2016:86) yang
sederhana adalah POAC (Planing, Organizing, Actuating dan Controlling).
1. Perencanaan/Planing
Misalnya untuk pelaksanaan marketing suatu produk perusahaan perlu
diadakan planning terlebih dahulu. Planing ini dibuat berdasarkan data yang
ada diperusahaan. Misalnya Planing daerah pemasaran, Planing tentang harga,
Planing strategi yang akan digunakan dalam memasuki pasar, teknis promosi
yang akan digunakan dan sebagainya.
2. Organisasi/Organizing
Organisasi yang disusun dengan jelas dan efisien, sehingga dengan jelas
diketahui siapa yang bertanggung jawab, kepada siapa harus
dipertanggungjawabkan, bagaimana koordinasi dalam perusahaan. Jadi disini
diperlukan suatu struktur yang jelas, sehingga tidak terjadi lempar tanggung
jawab seandainya terjadi penyimpangan - penyimpangan dalam pekerjaan.
3. Aksi/Actualting
Sebagai fungsi ketiga, yaitu melaksanakan pekerjaan, bagaimana cara
kerja, kemana harus pergi, kapan, dan sebagainya. Agar pelaksanaan tugas
berjalan dengan mulus maka para pekerja perlu diberi insentif. Dengan
demikian harus ditetapkan secara jelas tentang gaji, honor, uang lelah, uang
komisi penjualan dan sebagainya.
4. Kontrol/Controlling
Fungsi terakhir ialah perlu adanya kontrol dari setiap pekerjaan yang
dilakukan. Kontrol harus dilakukan sedini mungkin agar tidak terjadi
kesalahan yang berlarut - larut. Jika terjadi penyimpangan dari planning yang
telah ditetapkan maka perlu diambil tindakan pencegahannya.
Rabu, 27 Oktober 2021
Fungsi Manajemen Pemasaran (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar