Brand preference sebagai pertimbangan konsumen yang
didasarkan pada derajat kecenderungan konsumen terhadap produk yang
diberikan perusahaan bila dibandingkan dengan produk dari perusahaan
lain (Hellier et al., 2003). Preferensi biasanya didapatkan konsumen
membandingkan sesuatu tersebut dengan sesuatu lainnya (Dharmayana &
Rahanatha, 2018).
Ebrahim, et al (2016) mendefinisikan brand preference sebagai
kecenderungan perilaku yang mencerminkan sikap konsumen terhadap
suatu merek. Menurut Wang (2015) brand preference penting bagi
perusahaan, karena memberikan indikator loyalitas pelanggan dan
kekuatan merek masing-masing. Brand preference dapat dipandang
sebagai sikap yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, yang
kemudian menghasilkan kecenderungan perilaku di mana pembeli akan
memilih merek tertentu, sementara mengabaikan merek lain (Howard dan
Sheth, 1969).
Brand preference adalah bias yang ditunjukkan konsumen ketika
memilih merek tertentu di antara alternatif berdasarkan manfaat atau nilai
yang diberikannya (Chang & Liu, 2009). Brand preference diukur oleh
sejauh mana seseorang memandang merek fokus lebih disukai daripada
merek referensi (Tolba & Hassan, 2009). Brand Preference merupakan
proses pemilihan terhadap sebuah merek yang mana proses ini didasarkan
pada tingkat kesesuaian yang dirasakan konsumen dengan sebuah merek
jika dibandingkan dengan merek lain.
Rabu, 27 Oktober 2021
Pengertian Brand Preference (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar