Kamis, 07 Oktober 2021

Pengertian Birokrasi Pemerintahan (skripsi dan tesis)

 

Konsep birokrasi di maknai sebagai proses dan sistem yang diciptakan secara rasional untuk menjamin mekanisme dan sistem kerja yang teratur, pasti dan mudah dikendalikan. Tipe ideal dari Birokrasi sendiri dianggap sebagai sarana paling rasional untuk melaksanakan kontrol imperatif atas manusia. Sebagaimana terdapat dalam banyak buku mengenai birokrasi bahwa birokrasi mempunyai beberapa prinsip berdasarkan pada otoritas legal rasional dari struktur birokrasi seperti yang diuraikan Max Weber sebagai berikut : (1). Standarisasi dan formalisasi, (2) pembagian kerja dan spesialisasi (3) hirarkhi otoritas (4) profesionalisasi dan (5) dokumentasi. (Kadir, 2015)

Birokrasi dapat dilihat sebagai subsistem sosial dari struktur administrasi yang berfungsi dalam kerangka acuan tertentu, dan yang memiliki seperangkat peraturan untuk mengontrol (merasionalisasi, memfasilitasi implementasi dan profesionalisasi) kegiatan untuk memberikan layanan atas nama beberapa arahan kebijakan disampaikan melalui tata kelola Perusahaan atau Negara (Yoles, 2017).  Bureaucracy refers to a particular form and style of administrative organization. Although it has been subject to strong criticism for a long time, bureaucracy and its variants can still be found in a large number of organizations. (Peter M. Blau dan Marshal W. Meyer dalam Sitindjak, 2017). Birokrasi adalah tipe organisasi yang dimaksudkan untuk mencapai tugas-tugas administratif dengan cara mengkoordinasi secara sistematis teratur pekerjaan dari banyak anggota organisasi.

Ciri pokok dari struktur birokrasi seperti yang diuraikan oleh Max Weber sebagai berikut: Birokrasi adalah sistem administrasi rutin yang dilakukan dengan keseragaman, diselenggarakan dengan cara tertentu, didasarkan aturan tertulis, oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Dengan pengertian yang hampir sama, Rouke (dalam Sitindjak, 2017) mensarikan : Birokrasi adalah sistem administrasi dan pelaksanaan tugas keseharian yang terstruktur, dalam sistem hirarchi yang jelas, dilakukan dengan aturan tertentu yang terpisah dengan bagian lainnya, oleh orang-orang yang dipilih karena kemampuan dan keahlian di bidangnya. 

Tidak ada komentar: