Kesadaran merek merupakan kesanggupan sesorang calon pembeli
untuk mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagi bagian dari suatu
kategori produk tertentu (Aaker, 2013:204). Kesadaran merek melibatkan
pengakuan merek dan ingatan tentang merek. Pengakuan merek melibatkan
orang-orang yang akan mampu mengenali merek tersebut sebagai sesuatu
yang berbeda dengan merek-merek lain, dengan mendengarnya, setelah
mereka diperkenalkan dengan merek tersebut.
Kesadaran merek ini merupakan salah satu faktor yang
menyebabkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh pembeli, dimana
merek yang semakin dikenal baik memiliki nilai tambah baik konsumen
untuk membeli produk tersebut dibandingkan dengan produk yang baru
dikenalnya (Amin dan Ardyanto, 2018:213). Peran kesadaran merek dalam
ekuitas merek sangat penting, karena dengan adanya kesadaran merek yang
tinggi, maka akan memudahkan konsumen dalam melakukan keputusan
pembelian. Apabila kesadaran merek itu rendah atau dalam arti tidak terlalu
dikenal, maka konsumen pun akan ragu dan tidak yakin untuk melakukan
keputusan pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar