Minat beli pada dasarnya muncul dari dalam diri konsumen ketika
menjumpai seuatu produk di pasaran. Namun selain menjumpai secara
fisik, minat beli juga sebenarnya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu
persepsi yang dimiliki tiap-tiap konsumen berdasarkan informasi yang
pernah didapat sebelumnya. Citra merek yang efektif bisa muncul tidak
hanya dari apa yang mereka lihat, namun juga bisa dari apa yang mereka
dengar baik secara langsung maupun tidak langsung.
Informasi yang sejauh ini didapat nantinya akan tersimpan dalam
memori konsumen, dan saat mereka menjumpai produk tersebut maka
informasi ini akan sendirinya muncul sebagai citra pada sebuah merek dan
mempengaruhi juga pada munculnya minat beli yang ada pada calon
konsumen. Dapat dikatakan juga bahwa seorang konusmen cenderung
lebih memerhatikan dan menerima citra merek yang dimiliki produk
dibandingkan dengan bentuk fisik yang dijumpai.
Dari penelitian ini kita tahu bahwa ada ikatan sangat positif antara
citra merek dengan minat beli konsumen. Citra merek yang sudah melekat
secara positif di benak masyarakat, akan menimbulkan minat beli
konsumen. Semakin citra produk dapat terlihat dengan jelas serta melekat
kuat di benak konsumen, maka minat beli juga akan semakin kuat timbul
dari dalam diri konsumen.
Rabu, 27 Oktober 2021
Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar