Istilah pemasaran dalam bahasa inggris dikenal dengan nama marketing. Kata
marketing ini boleh dikatakan sudah diserap dalam bahasa keseharian, namun
diterjemahkan dengan istilah pemasaran. Asal kata pemasaran adalah pasar/market.
Apa yang dipasarkan itu ialah barang dan jasa. Memasarkan barang tidak berarti
hanya menawarkan barang atau menjual tetapi lebih luas dari itu. Pemasaran dalam
suatu perusahaan memegang peranan yang sangat penting, karena pemasaran
merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan
hidup perusahaan, dan untuk pencapaian tujuan perusahaan dalam memperoleh laba.
Pengertian marketing oleh para ahli dikemukakan berbeda-beda dalam
penyajian dan penekanannya, tetapi semua itu sebenarnya mempunyai pengertian
yang hampir sama antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini beberapa definisi
mengenai pemasaran dari para ahli.
Definisi pemasaran menurut American Marketing Association dalam Kotler
dan Keller (2009:5) yang diterjemahkan oleh Sabran sebagai berikut :
“Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk
menciptakan, mengomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan
dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan
organisasi dan pemangku kepentingannya”.
Definisi pemasaran menurut Kotler dan Keller (2009:6) yang diterjemahkan
oleh Molan menyatakan sebagai berikut:
“Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk
menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan
dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara menguntungkan organisasi
dan para pemilik sahamnya.”
Menurut Kotler dan Armstrong (2008:6) yang ditejemahkan oleh Molan
mendefinisikan pemasaran secara luas, pemasaran adalah proses sosial dan manajerial
dimana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain. Dalam konteks bisnis yang
lebih sempit, pemasaran mencakup menciptakan hubungan pertukaran muatan nilai
dengan pelanggan yang menguntungkan. Karena itu, kita mendefinisikan pemasaran
(marketing) sebagai proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan
membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai
dari pelanggan sebagai imbalannya.
Rabu, 27 Oktober 2021
Pemasaran (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar