Kesadaran merek adalah kesanggupan seseorang calon pembeli untuk
mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian
dari kategori produk tertentu menurut Aaker dalam kartono (2007:15).
Sedangkan Rahmawati (2002) menyatakan bahwa kesadaran merek
merupakan suatu penerimaan dari konsumen terhadap sebuah merek dalam
benak mereka, dimana ditunjukkan dari kemampuan konsumen dalam
mengingat kembali sebuah merek dan mengkaitkannya ke dalam kategori
tertentu.
Kesadaran merek akan membentuk ekuitas merek. Selain itu
kesadaran merek juga akan membentuk persepsi dan tingkah laku seorang
konsumen. Apabila kesadaran konsumen terhadap merek rendah, maka dapat
dipastikan bahwa ekuitas mereknya juga rendah. Kesadaran konsumen
terhadap merek dapat digunakan oleh perusahaan sebagai sarana untuk
memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai suatu merek
kepada konsumen. Peran kesadaran merek dalam membantu merek dapat
dipahami dengan mengkaji bagaimana kesadaran merek menciptakan suatu
nilai (Aaker 2004). Indikator-indikator kesadaran merek antara lain :
1) Kemampuan konsumen dalam menyebut/mengingat merek diantara
merek lainnya.
2) Kemampuan konsumen dalam mengetahui model varian merek.
3) Kemampuan konsumen dalam mengenali merek dari simbol/logonya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar