Dalam proses pengambilan keputusan pembelian, konsumen dihadapkan
pada berbagai pilihan alternatif dan berbagai macam pertimbangan baik yang
berasal dari dalam maupun dari luar diri konsumen tersebut sebelum memutuskan
untuk membeli suatu produk tertentu. Dengan menganalisa berbagai faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian, perusahaan dapat menentukan strategi
pemasaran yang tepat. Menurut (Peter & Olson, 1999) bahwa, pengambilan
keputusan konsumen adalah proses pengintergrasian yang megkombinasikan
pengetahuan untuk megevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif, dan memilih
salah satu diantaranya. Hasil dari proses pengintegrasian ini adalah suatu pilihan
yang disajikan secara kognitif sebagi keinginan berperilaku.
Misalnya seorang konsumen yang akan membeli sebuah handphone,
memilih untuk membeli berbagai merek yang ada seperti Nokia, Blackberry,
Samsung, dan masih banyak lagi pilihan yang lainnya. Hal tersebut akan menjadi
sebuah masalah yang harus dihadapi konsumen dalam memilih atau diantaranya
dimiliki dan perilaku pengambilan keputusan akan sangat diperlukan untuk
mengatasi masalah tersebut. Keputusan pembelian konsumen sangat dipengaruhi
oleh perilaku konsumen. Perusahaan harus mengenali perilaku konsumen untuk
mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, sehingga
perusahaan diharapkan dapat selalu memenuhi kebutuhan konsumen yang akan
berdampak pada loyalitas.
Lima macam peranan yang dapat dilakukan seorang konsumen dalam proses
pembelian barang ataupun jasa Menurut (Kotler, 1996) yaitu:
1. Pengambil inisiatif (initiator), yaitu orang yang pertama kali menyadari
adanya keinginan atau kebutuhan yang belum terpenuhi dan megusulkan
ide untuk membeli suatu barang dan jasa tertentu.
2. Pemberian pengaruh (infuncer), yaitu orang yang pandangan, nasihat atau
pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian.
3. Pengambil keputusan (decider), yaitu orang yang menentukan keputusan
pembelian, misalnya apakah jadi membeli, apa yang dibeli, bagaimana
cara membeli, atau dimana membelinya.
4. Pembeli (buyer), yaitu orang yang melakukan pembelian aktual.
5. Pemakai (user), yaitu orang yang megkomsumsi dan menggunakan barang
atau jasa yang dibeli.
Selasa, 26 Oktober 2021
Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar