Mengenali perilaku konsumen tidaklah mudah, sehingga sangat penting
bagi pemasar untuk mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilakunya
dalam berbelanja (Setiadi, 2003). Hal tersebut diperlukan bagi para pemasar untuk
mempersiapkan seperangkat kebijakan pemasaranya seperti pengembangan
produk beserta ciri-cirinya, harga, saluran, distribusi, penyampaian pesan
periklanan dan unsur- unsur detail dari bauran pemasaran.
Istilah perilaku konsumen berhubungan erat dengan objek yang studinya
diarahkan pada permasalahan manusia. (Engel, 1994) mendefinisikan perilaku
konsumen sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan,
mengkomsumsi, dan meghabiskan produk atau jasa, termasuk proses keputusan
yang mendahului tindakan ini. Perilaku konsumen adalah dinamis, hal itu berarti
bahwa perilaku seorang konsumen, grup konsumen, ataupun masyarakat luas
selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu (Setiadi, 2003). Dalam hal
pengembangan strategi pemasaran, sifat dinamis perilaku konsumen, bahwa
seseorang tidak boleh berharap bahwa suatu strategi pemasaran yang sama dapat
memberikan hasil yang sama disepanjang waktu, pasar dan industri.
Perilaku konsumen melibatkan pertukaran diantara individu. (Kotler, 2000)
menunjukan lima kondisi yang harus terpenuhi agar pertukaran dapat terjadi :
1. Terdapat sedikitnya dua pihak.
2. Masing – masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin berharga bagi
pihak lain.
3. Masing – masing pihak mampu berkomunikasi dan melakukan
penyerahan.
4. Masing – masing pihak bebas menerima atau menolak tawaran pertukaran.
5. Masing – masing pihak yakin bahwa berunding dengan pihak lain adalah
layak dan bermanfaat.
Analisis perilaku konsumen dapat dimanfaatkan untuk kepentingan
pengembangan kemampuan seorang pemasar dalam menjalankan tugasnya.
Menurut Setiadi, 2003 studi mengenai perilaku konsumen akan meghasilkan tiga
informasi penting yaitu :
1. Orentasi, arah cara pandang konsumen (A consumer orientation).
2. Berbagai fakta tentang perilaku berbelanja (facts about buying behavior).
3. Konsep, teori yang memberikan acuan pada proses berpikirnya manusia
dalam berkeputusan (theories to guide the thinking process).
Selasa, 26 Oktober 2021
Perilaku Konsumen (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar