Rabu, 27 Oktober 2021

Fungsi Asosiasi Merek (skripsi dan tesis)


Ada berbagai nilai asosiasi merek tersebut, menurut Rangkuti dalam
Sangadji (2013:329) yaitu :
a. Penyusunan informasi (Retrieve information)
Asosiasi-asosiasi dapat membantu mengiktisarikan sekumpulan fakta dan
spesifikasi yang mungkin sulit diproses dan diakses para pelanggan.
b. Membedakan (Differentiate)
Suatu asosiasi dapat memberikan landasan yang penting bagi upaya
pembedaan suatu merek dari merek lain.
c. Alasan pembelian (Reason to buy)
Asosiasi merek membangkitkan berbagai atribut produk atau manfaat bagi
konsumen yang dapat memberikan alasan spesifik bagi konsumen untuk
membeli dan menggunakan merek tersebut.
d. Menciptakan sikap atau perasaan positif (Create positive attitude or feelings)
Beberapa asosiasi mampu merangsang suatu perasaan positif yang pada
gilirannya merembet ke merek yang bersangkutan. Asosiasi-asosiasi tersebut
dapat menciptakan perasaan positif atas dasar pengalaman mereka
sebelumnya.
e. Landasan untuk perluasan (Basis for extension)
Suatu asosiasi dapat menghasilkan landasan bagi suatu penyesuaian
dengan menciptakan rasa kesesuaian antara merek dan sebuah produk baru
atau dengan menghadirkan alasan untuk membeli produk perluasan tersebut.

Tidak ada komentar: