Menurut Aaker dalam Daud, dkk (2014:130), asosiasi - asosiasi yang terkait
dengan suatu merek umumnya dihubungkan dengan berbagai hal berikut :
a. Atribut produk (product attribute)
Mengasosiasikan atribut atau karakteristik suatu produk merupakan
strategi positioning yang paling sering digunakan. Mengembangkan asosiasi
semacam ini efektif karena jika atribut tersebut bermakna, asosiasi dapat
secara langsung diterjemahkan dalam alasan pembelian suatu merek.
b. Atribut tak berwujud (intangible attributes)
Suatu faktor tak berwujud merupakan atribut umum, seperti halnya
persepsi kualitas, kemajuan teknologi, atau kesan nilai yang mengiktisarkan
serangkaian atribut yang obyektif.
c. Manfaat bagi pelanggan (customer benefits)
Karena sebagian besar atribut produk memberikan manfaat bagi
pelanggan, maka biasanya terdapat hubungan antar keduanya.
d. Harga relative (relative price)
Evaluasi terhadap suatu merek di sebagian kelas produk ini akan di awali
dengan penentuan posisi merek tersebut dalam satu atau dua dari tingkat harga.
e. Penggunaan (application)
Pendekatan ini adalah dengan mengasosiasikan merek tersebut dengan
suatu penggunaan atau aplikasi tertentu.
f. Pengguna/Pelanggan (user/customer)
Pendekatan ini adalah dengan mengasosiasikan merek tersebut dengan
sebuah tipe pengguna atau pelanggan dari produk tersebut.
g. Orang terkenal/Khalayak (celebrity/person)
Mengaitkan orang terkenal atau aktris dengan sebuah merek dapat
mentransfer asosiasi kuat yang dimiliki oleh orang terkenal ke merek tersebut.
h. Gaya hidup/Kepribadian (lifestyle/personality)
Asosiasi sebuah merek dengan suatu gaya hidup dapat dialami oleh
asosiasi para pelanggan merek tersebut dengan aneka kepribadian dan
karakteristik gaya hidup yang hampir sama.
i. Kelas produk (produk sales)
Beberapa merek perlu mengasosiasikan sebuah merek menurut kelas
produknya
j. Para pesaing (competitors)
Mengetahui pesaing dan berusaha untuk menyamai atau bahkan
mengungguli pesaing.
k. Negara/Wilayah Geografis
Sebuah negara dapat menjadi simbol yang kuat asalkan memiliki
hubungan yang erat dengan produk, bahan, dan kemampuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar