Kotler dan Keller (2012:263) mendefinisikan ekuitas merek (brand
equity) adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Nilai
tersebut tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa, bertindak dalam
hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar, dan keuntungan
yang diberikan merek itu sendiri bagi perusahaan. Durianto, dkk (2011:4)
menyatakan bahwa ekuitas merek merupakan seperangkat aset dan liabilitas
merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama, simbol yang mampu
menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk baik
pada perusahaan maupun pada pelanggan. Knapp (2006:3) mendefinisikan
ekuitas merek sebagai totalitas dan persepsi merek, mencakup kualitas
relatif dan produk dan jasa, kinerja keuangan, loyalitas pelanggan, kepuasan
dan keseluruhan penghargaan terhadap merek.
Simamora (2012:50) mengemukakan bahwa merek yang kuat
(ekuitas merek) memperoleh manfaat sebagai berikut:
a. Loyalitas memungkinkan terjadinya transaksi/ transaksi berulang atau
jika konsumen tersebut merupakan commited buyer, tidak hanya terhenti
pada pembelian ulang, namun konsumen tersebut juga dapat
menganjurkan/ merekomendasikannya pada orang lain.
b. Merek yang kuat memungkinkan perusahaan menetapkan harga yang
lebih tinggi (premium), yang berarti margin yang lebih tinggi bagi
perusahaan.
c. Merek yang kuat akan memberikan kredibilitas pada produk lain yang
menggunakan merek tersebut.
d. Merek yang kuat memungkinkan return yang lebih tinggi.
e. Merek yang kuat memungkinkan diferensiasi relatif dengan pesaing yang
jelas, bernilai, dan berkesinambungan.
f. Merek yang kuat memungkinkan fokus internal yang jelas.
g. Merek yang kuat dapat menciptakan toleransi konsumen terhadap
kesalahan produk/ perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi terhadap
merek tersebut.
h. Merek yang kuat menjadi faktor yang menarik karyawan-karyawan
berkualitas sekaligus mempertahankan karyawan-karyawan (yang puas).
i. Merek yang kuat dapat menarik konsumen untuk hanya menggunakan
faktor merek dalam pengambilan keputusan pembelian
Rabu, 27 Oktober 2021
Ekuitas Merek (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar