Selasa, 26 Oktober 2021

faktor – faktor yang mempegaruhi keputusan pembelian konsumen (skripsi dan tesis)


Menurut Sangadji dan Sopiah (2013) membagi faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen ke dalam tiga kelompok, yaitu :
1. faktor pribadi
Merupakan faktor yang unik bagi seseorang. Berbagai faktor pribadi
yang mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor pribadi digolongkan
menjadi tiga, yaitu :
a) Faktor demografi
Berkaitan dengan siapa yang terlibat dalam pengambilan keputusan
pembelian.
b) faktor situasional
yang merupakan keadaan atau kondisi eksternal yang ada ketika
konsumen membuat keputusan pembelian.
c) faktor tingkat keterlibatan 
faktor tingkat keterlibatan konsumen ditunjukkan dengan sejauh
mana konsumen mempertimbangkan terlebih dahulu keputusannya
sebelum membeli suatu produk.
2. Faktor Psikologis
Faktor psikologis yang ada pada diri seseorang sebagian meneapkan
perilaku orang tersebut sehingga mempengaruhi perilakunya sebagai
konsumen. Faktor psikologis meliputi :
a) Motif
kekuatan energi internal yang mengarahkan kegiatan seseorang
kearah pemenuhan kebutuhan atau pencapaian sasaran.
b) Persepsi
suatu proses pemeliharaan, pengorganisasian, dan
pengintrepretasian masukan informasi untuk menghasilkan makna.
c) Kemampuan dan pengetahuan
Kesanggupan dan efesiensi untuk melakukan tugas tertentu.
Kemampuan yang diminati oleh para pemasar adalah kemampuan
seseorang individu unuk belajar dimana proses pembelajaran
tersebut merupakan perubahan perilaku seseorang yang disebabkan
oleh informasi dan pengalaman.
d) Sikap
Sikap adalah suatu kecenderungan yang dipelajari bereaksi
terhadap penawaran produk atau jasa dalam situasi dan kondisi
tertentu secara konsisten. Sikap merujuk pada pengetahuan dan
perasaan positif atau negatif terhadap sebuah objek atau kegiatan
tertentu.
3. Faktor Sosial
Manusia hidup di tengah – tengah masyarakat. Sudah tentu manusia
akan dipengaruhi oleh masyarakat dimana dia hidup. Dengan demikian,
perilaku konsumen juga akan dipengaruhi oleh masyarakat atau faktor
social yang melingkatinya. Faktor social tersebut meliputi :
a) Peran dan pengaruh keluarga 
Keluarga mempunyai pengaruh langsung terhadap keputusan
pembelian konsumen. Setiap anggota keluarga mempunyai
kebutuhan, keinginan, dan selera berbeda – beda.
b) Kelompok referensi
Berfungsi sebagai perbandingan dan sumber informasi bagi
seseorang sehingga perilaku para anggota kelompok referensi
ketika membeli suatu produk bermerek tertentu akan dapat
dipengaruhi oleh kelompok referensi.
c) Kelas Sosial
Merupakan sekelompok yang terbuka untuk para individu yang
memiliki tingkat social yang serupa. Dalam kelas ini terjadi
pembedaan masyarakat ke dalam kelas secara bertingkat, ada kelas
yang tinggi, ada juga kelas yang rendah.
d) Budaya dan Subbudaya
Budaya mempengaruhi bagaimana seseorang membeli dan
menggunakan produk, serta kepuasan konsumen terhadap produk
tersebut sebab budaya juga menentukan produk yang dibeli dan
digunakan.

Tidak ada komentar: