Merek adalah salah satu
atribut yang sangat penting dari sebuah produk yang penggunaannya pada saat ini
sudah sangat meluas karena beberapa alasan, dimana merek suatu produk berarti
memberikan nilai tambah produk tersebut. Merek tidak hanya sebuah nama bagi
produk, tetapi lebih dari itu merupakan identitas untuk membedakan produk yang
dihasilkan perusahaan dari produk yang dihasilkan dari perusahaan lain. Dengan
identitas khusus, produk tertentu akan lebih mudah dikenali oleh konsumen.
Merek merupakan atribut
produk yang sangat penting dan dapat mempengaruhi kegiatan-kegiatan pemasaran
dari suatu perusahaan. Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika yang dikutip oleh
Philip Kotler dan kemudian dialihbahasakan oleh Benjamin Molan (2007) yaitu
bahwa merek adalah nama, istilah, tanda, symbol, atau rancangan atau kombinasi
dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa penjual
atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya dari barang dan jasa
pesaing.
Merek dapat menyampaikan
empat tingkat arti :
a. Atribut
Merek akan mengingatkan orang pada atribut tertentu. Misalnya keawetan dan
sebagainya sehingga hal ini memberikan suatu landasan pemosisian bagi atribut
lain dari produk tersebut.
b. Manfaat
Pelanggan tidak membeli atribut tetapi mereka membeli manfaat dari produk
tersebut. Oleh karena itu atribut harus diterjemahkan menjadi manfaat
fungsional dan emosional.
c. Nilai
Merek juga mencerminkan sesuatu mengenai nilai – nilai pembeli. Misalnya saja
menilai prestasi, keamanan, dan prestise tinggi suatu produk.
d. Kepribadian
Merek menggambarkan kepribadian. Merek akan menarik orang yang gambaran
sebenarnya dan citra dirinya cocok dengancitra merek
Dari definisi diatas dapat
ditarik kesimpulan bahwa merek berperan sebagai daya pembeda dengan produk
sejenis maupun dengan produk berbeda jenis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar