Kamis, 07 Februari 2019

Kinerja Perusahaan (skripsi dan tesis)


Pengertian kinerja perusahaan telah diungkapkan oleh beberapa ahli seperti Caves (Syofyan, 2003) yaitu penilaian bagaimana hasil ekonomi dari kegiatan industri memberikan kemungkinan kontribusi terbaik guna mencapai tujuan. Dari pendapat tersebut di atas dapat didefinisikan bahwa kinerja adalah seberapa baik hasil yang dicapai oleh perusahaan dalam mencapai tujuan perekonomian, dimana tujuan perekonomian adalah untuk memaksimumkan kesejahteraan ekonomi. Gilbert (Syofyan, 2003) menyatakan ukuran kinerja perbankan yang paling tepat adalah dengan mengukur kemampaun perbankan dalam menghasilkan laba atau profit dari berbagai kegiatan yang dilakukannya, sebagaimana umumnya tujuan suatu perusahaan didirikan adalah untuk mencapai
nilai (value) yang tinggi, dimana untuk mencapai value tersebut perusahaan harus
dapat secara efisien dan efektif dalam mengelola berbagai macam kegiatannya. Salah
satu ukuran untuk mengetahui seberapa jauh keefisienan dan keefektifan yang dicapai
adalah dengan melihat profitabilitas perusahaan, semakin tinggi profitabilitas maka
semakin efektif dan efisien juga pengelolaan kegiatan perusahaan.
Ukuran profitabilitas bank dapat dilihat dari berbagai macam rasio, seperti Return on
Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) , dan Rasio Biaya
Operasional (Dendawijaya, 2003:120). Lebih khusus menurut Gilbert (Syofyan, 2003)
ukuran profitabilitas yang tepat dalam menilai kinerja industri perbankan adalah ROA

Tidak ada komentar: