Proses adalah arus informasi
melalui beberapa tahap analisis yang saling terkait menuju pencapaian suatu
tujuan atau cita-cita (Pearce dan Robinson, 1997). Menurut Jauch dan Glueck
(1992) menjelaskan bahwa proses manajemen strategik dimulai setelah perencanan
strategik perusahaan menemukan misi (mission) dan tujuan (objective). Misi
merupakan jawaban atas pertanyaan. 'who business are we in?', bidang usaha apa
yang sedang dilakukan? Sedangkan tujuan merupakan jawaban atas pertanyaan: 'why
are we in business?, mengapa, kita memasuki bidang usaha ini.
Menurut Jauch dan Glueck (1992),
membagi proses manajemen strategik dalam, empat tahapan, yakni:
1.
Analisis dan diagnosis. Dalam tahap ini perusahaan
berusaha, mengidentifikasi hambatan dan peluang lingkungan serta kekuatan dan
kelemahan perusahaan,
2.
Pemilihan strategi Berdasarkan peluang, ancaman,
kekuatan dan kelemahan mempertimbangkan strategi alternatif dan memilih yang
terbaik,
3.
Pelaksanaan/implementasi, dimana perusahaan membuat
agar strategi itu berjalan dengan baik dengan cara, membangun struktur untuk
mendukung strategi itu dan mengembangkan rencana serta kebijakan yang tepat,
4.
Evaluasi, melalui umpan balik menenentukan apakah
strategi itu berjalan dan mengambil langkah agar strategi itu berjalan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar