Citra merek adalah persepsi konsumen terhadap merek suatu produk yang
dibentuk dari informasi yang didapatkan konsumen melalui pengalaman
menggunakan produk tersebut. Menurut Keller (2013:3), brand image adalah
tanggapan konsumen akan suatu merek yang didarkan atas baik dan buruknya
merek yang diingat konsumen. Citra merek merupakan keyakinan yang terbentuk
dalam benak konsumen tetantng obyek produk yang telah dirasakanya. Sedangkan
menurut Kotler (2009) Kepuasan pelanggan (customersatisfaction) merupakan
tingkat kesesuai antara kinerja yang dimiliki perusahaan dengan tingkat harapan
konsumen.
Berdasarkan kedua pengertian antara citra merek dengan kepuasan
konsumen, maka dapat diambil kesimpulan bahwa citra dipandang sebagai
keberhasilan kegiatan marketing yang telah menyentuh keinginan konsumen,
sehingga akan terjadi pemenuhan kebutuhan konsumen dalam rangka untuk
memuaskan konsumen. Citra memiliki kemampuan mempengaruhi persepsi
konsumen tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Brand image akan
berpengaruh langsung terhadap tingginya kepuasan pelanggan terhadap suatu
produk. Hal tersebut dampak dari perkembangan pasar yang demikian pesat, maka
menuntut perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan
mendorong pelanggan untuk lebih memperhatikan brand image dibandingkan
karakteristik fisik suatu produk dalam memutuskan pembelian (Fanany dan
Oetomo, 2015).
Hal ini sesuai pendapat peneliti sebelumnya oleh Fanany dan Oetomo
(2015), tentang Pengaruh Brand Image Dan Service Quality Terhadap Loyalitas
Melalui Kepuasan Nasabah. Penelitian ini menggunakan variabel bebas Brand
image dan Servis quality, variabel terikat loyalitas dan variabel intervening
kepuasan nasabah. Hasil penelitian pengaruh brand image, service quality dan
kepuasan nasabah masing-masing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah. Brand image juga menunjukkan pengaruh signifikan dan positif terhadap
kepuasan nasabah. Demikian juga service quality menunjukkan pengaruh
signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah.
Selasa, 26 Oktober 2021
Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Nasabah (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar