Menurut Kasali (Susanto, 2013: 3) para peneliti pasar yang menganut pendekatan
gaya hidup cenderung mengklasifikasikan konsumen berdasarkan variabel AIO
(Activity, Interest, Opinion). Berikut ini adalah :
1. Aktivitas
Aktivitas mengacu pada cara setiap individu menghabiskan waktu dan
uang yang mereka miliki terkait dengan tindakan nyata, seperti pekerjaan
atau tindakan yang wajib dilakukan sehari-hari, bekerja, rekreasi,
menonton, berbelanja, dll (Aresa, 2012: 29). Jadi dapat dikatakan bahwa
indikator dari aktivitas ini meliputi hobi, hiburan, dan berbelanja.
2. Minat
Minat adalah sesuatu yang membuat seseorang merasa tertarik, seperti
ketertarikannya terhadap makanan, teknologi, fashion, dll. (Susanto, 2013:
4). Aresa (2012: 31) mendefinisikan minat sebagai faktor pribadi yang
terdapat pada diri individu dalam mempengaruhi proses pengambilan
keputusan yang diukur melalui minat individu terhadap keluarga, rumah,
pekerjaan, komunitas, rekreasi, fashion, makanan, media, dan
achievement.
3. Pendapat
Pendapat-pendapat yang diucapkan oleh seseorang akan membantu kita
untuk mengetahui karakter orang tersebut, dan apa yang dia butuhkan
untuk memperkuat karakternya (Susanto, 2013: 4). Engel, Blackwell, dan
Miniard mengungkapkan bahwa opini digunakan untuk mendeskripsikan
harapan dan evaluasi, seperti kepercayaan, antisipasi terhadap peristiwa di
masa depan, dan pertimbangan konsekuensi dari adanya tindakan alternatif
(Aresa, 2012: 32). Jadi opini ini merupakan pendapat dari setiap individu,
baik lisan maupun tulisan yang diberikan seseorang sebagai respon
terhadap stimulus. Dan opini ini biasanya berbentuk pertanyaan yang diajukan. Opini sendiri ini dapat diukur melalui opini mengenai diri
sendiri, isu-isu sosial, politik, bisnis, ekonomi, pendidikan, produk, masa
depan, dan budaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar