Selasa, 24 Maret 2020

Pengertian Strategi Pembelajaran (skripsi dan tesis)

Strategi  diartikan  sebagai    a   plan   of   operation   achieving    something 
(rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu). Secara umum, strategi dapat diartikan sebagai pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.Sehingga strategi dapat diartikan sebagai suatu rencana kegiatan secara menyeluruh tentang penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk mencapai suatu tujuan.

Sedangkan pembelajaran adalah upaya untuk siswa dalam bentuk kegiatan memilih, menetapkan, dan mengembangkan metode dan strategi yang

optimal untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Pembelajaran merupakan kegiatan belajar dan mengajar dimana dalam kegiatan pengajar guru menfasilitasi siswa dalam pencapaian hasil belajar. Sedangkan dalam kegiatan belajar siswa merupakan upaya belajar yang dilakukan siswa untuk menerima pelajaran yang disampaiakan guru untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai turunan dari pendekatan pembelajaran.

Sebagaimana Kemp berpendapat bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisein. Selanjutnya pemikiran J.R. David, menyebutkan bahwa dalam strategi pada dasarnya masih terkandung

makna perencanaan.41 Artinya strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Oleh sebab itu sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas, yang dapat diukur keberhasilannya.

Sedangkan menurut Dick dan Carey menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu

peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.42 Menurut mereka strategi pembelajaran tidak hanya sebatas cara atau prosedur kegiatan belajar, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Selain itu berdasakan sudut pandang yang berbeda, bahwa strategi pembelajaran adalah pengembangan kognisi dan aktivitas belajar peserta didik yang dikembangkan untuk dapat membangkitkan dan mendorong timbulnya
aktivitas peserta didik.

Berdasarkan dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan yang berisi tentang rangkaian kegiatan belajar dengan memperdayakan potensi dan sarana yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Dengan demikian rancangan langkah-langkah pembelajaran harus pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan.Oleh sebab itu sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas, yang dapat diukur keberhasilannya.

Tidak ada komentar: