Rabu, 25 Maret 2020

Keterkaitan VCT dengan Pemahaman Konsep (skripsi dan tesis)

Pemahaman dapat diartikan sebagai suatu proses, cara atu suatu perbuatan yang dilakukan untuk memahami atau memahamkan suatu hal. Pemahaman Konsep menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasi dalam pembelajaran. Menurut Ahmad Susanto (2013: 208) “pemahaman adalah suatu proses mental terjadinya adaptasi dan transformasi ilmu pengetahuan”. Dengan demikin melalui pemahaman konsep inilah pemahaman siswa mengenai pembelajaran dapat ditransormasikan ke dalam jawaban-jawaban siswa tentang permasalahan yang dihadapinya.
Dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa, guru bertugas untuk memfasilitasi dan menyediakan lingkungan belajar yang mampu memotivasi siswa untuk membangun kemampuan pemahaman konsep yang dimilikinya. Kemampuan pemahaman konsep ini dapat dikembangkan melaluisuatu pendekatan belajar yang memberikan kesempatan siswa untuk berpiki dan mengungkapkan gagasanya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Value Clarification Technique (VCT).
Salah satu karakteristik VCT adalah proses menanamkan nilai yang dilakukan melalui proses analisis nilai yang sudah ada pada siswa dan kemudian menyelaraskannya dengan nilai-nilai baru yang akan ditanamkan. Pembelajaran VCT dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode seperti pemecahan masalah nilai, diskusi, dialog, dan presentasi (Sayidah, 2017)
VCT menyuguhkan suatu bentuk pembelajaran dimana siswa akan dibentuk kelompokdan diberikan permasalahan dalam sebuah kartu, kemudian siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk memberikan dasar pemikiran baik yang positif atau negatif serta memberikan pemecahan masalahnya. Melalui diskusi menentukan pemecahan masalah inilah kemampuan pemahaman konsep siswa dapat dibangun dengan bantuan teman sekelompoknya. Sekalipun awalnya guru perlu campur tangan untuk memancing siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya.
Pembelajaran ini baik untuk membangun pemahaman konsep siswa. Hal ini didukung oleh Easterbrooks & Scheetz (2004: 255) menjelaskan kelebihan VCT diantaranya adalah mendorong pengembangan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan model VCT siswa terlatih untuk memahami dan berpikir tentang konsep kemudian mengeksplorasi nilai-nilai yang ada dalam dirinya untuk diklarifikasi.

Tidak ada komentar: