Selasa, 24 Maret 2020

Pengertian Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) (skripsi dan tesis)



  
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa
untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka.Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu gurumengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapan kehidupan sehari-hari.45

Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan memotivasi siswa membuat

hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka.46 Pembelajaran kontekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran yang

mengupayakan agar siswa dapat menggali kemampuan yang dimilikinya dengan mempelajarinya dengan mempelajari konsep-konsep sekaligus menerapkannya
dengan dunia nyata disekitar lingkungan siswa.47

Johnson mengatakan Contextual Teaching and Learning adalah sebuah proses pendidikan yang menolong peserta didik melihat di dalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan konteks kehidupan keseharian mereka, yaitu, dengan konteks kehidupan pribadi, sosial, dan budaya.48

Melihat   beberapa   pengertian   pembelajaran    kontekstual   (Contextual

Teaching and Learning)  yang disampaikan oleh para ahli terdapat kesamaan atau

kata  kunci  yaitu  berupa  “kontekstual”  yaitu  nyata  atau  langsung.  Dengan

demikian pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang menggunakan

pendekatan kehidupan nyata, sehingga dalam pembelajaran kontekstual materi-

materi  pelajaran  yang berupa  teori  akan  dihubungkan  dengan  kehiupan  nyata

dengan harapan siswa akan lebih dapat mudah mengingat dan memahami materi

yang diajarkan.

Dari konsep CTL tersebut ada tiga hal yang harus dipahami.

1)    Contextual Teaching Learningmenekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi, artinya proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung. Proses belajar dalam konteks CTL tidak mengharapkan agar siswa hanya menerima materi pelajaran, akan tetapi proses mencari dan menemukan sendiri pengetahuannya.

2)    Contextual Teaching Learningmendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, bukan saja bagi siswa materi itu akan bermakna secara fungsional, akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori siswa, sehingga tidak akan mudah dilupakan.

Contextual Teaching Learningmendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan, artinya CTL bukan hanya mengharapkan siswa dapat memahami materi yang dipelajarinya, akan tetapi bagaimana materi pelajaran itu dapat mewarnai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran dalam CTL bukan untuk ditumpuk di otak dan kemudian dilupakan, akan tetapi sebagai bekal mereka dalam mengarungi kehidupan nyata

Tidak ada komentar: