Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah
suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa
secara penuh untuk dapat menemukan materi materi yang dipelajari dan
menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa
untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka.Pembelajaran kontekstual adalah
konsep belajar yang membantu gurumengaitkan antara materi yang diajarkannya
dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapan kehidupan sehari-hari.45
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran
dengan situasi dunia nyata siswa, dan memotivasi siswa membuat
hubungan antara pengetahuan dan
penerapannya dalam kehidupan mereka.46 Pembelajaran kontekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran yang
mengupayakan agar siswa dapat menggali kemampuan
yang dimilikinya dengan mempelajarinya dengan mempelajari konsep-konsep
sekaligus menerapkannya
dengan dunia nyata disekitar lingkungan siswa.47
Johnson mengatakan Contextual Teaching and Learning adalah
sebuah proses pendidikan yang menolong peserta didik melihat di dalam materi
akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan
konteks kehidupan keseharian mereka, yaitu, dengan konteks kehidupan pribadi,
sosial, dan budaya.48
Melihat beberapa pengertian pembelajaran kontekstual (Contextual
Teaching and Learning) yang disampaikan oleh para ahli terdapat
kesamaan atau
kata kunci
yaitu berupa “kontekstual”
yaitu nyata atau
langsung. Dengan
demikian
pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang menggunakan
pendekatan
kehidupan nyata, sehingga dalam pembelajaran kontekstual materi-
materi pelajaran
yang berupa teori akan
dihubungkan dengan kehiupan
nyata
dengan
harapan siswa akan lebih dapat mudah mengingat dan memahami materi
yang
diajarkan.
Dari
konsep CTL tersebut ada tiga hal yang harus dipahami.
1)
Contextual Teaching Learningmenekankan
kepada proses keterlibatan siswa untuk
menemukan materi, artinya proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman
secara langsung. Proses belajar dalam konteks CTL tidak mengharapkan agar siswa
hanya menerima materi pelajaran, akan tetapi proses mencari dan menemukan
sendiri pengetahuannya.
2)
Contextual Teaching Learningmendorong
agar siswa dapat menemukan hubungan
antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, artinya siswa
dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar dengan
kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengorelasikan
materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, bukan saja bagi siswa materi itu
akan bermakna secara fungsional, akan tetapi materi yang dipelajarinya akan
tertanam erat dalam memori siswa, sehingga tidak akan mudah dilupakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar