Menurut Isjoni
(2013: 73) terdapat beberapa variasi
model yang diterapkan yaitu diantaranya 1) Student team Achievement Division
(STAD), 2) Jigsaw, 3) Teams Games Tournaments (TGT), 4) Group Investigation
(GI), 5). Rotating Trio Exchange dan 6) Group resume. Dari beberapa model
tersebut yang paling banyak dikembangkan adalah STAD dan Jigsaw.
1) STAD (Student Teams Achievement Divisisons),
merupakan pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Robert Slavin dari
Universitas John Hopkins. Model ini menekankan kerja sama antar sesama anggota
kelompok untuk mencapai ketuntasan belajar, serta setiap minggu atau setiap dua
minggu dilakukan evaluasi dan pemberian skor.
2) JIGSAW, merupakan pembelajaan kooperatif yang
terdiri dari kelompok pakar (expert group) dan kelompok awal (home
teams), dimana setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk mempelajari
bagian akademik dari semua bahan akademik yang disodorkan guru.
3) GI (Group Investigation), merupakan
pembelajaran kooperatif dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam
menentukan topic maupun cara untuk pembelajaran secara investigasi. Metode ini
menuntut para siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar