Selasa, 24 Maret 2020

Variasi Model Pembelajaran Kooperatif (skripsi dan tesis)

Menurut Isjoni (2013: 73)  terdapat beberapa variasi model yang diterapkan yaitu diantaranya 1) Student team Achievement Division (STAD), 2) Jigsaw, 3) Teams Games Tournaments (TGT), 4) Group Investigation (GI), 5). Rotating Trio Exchange dan 6) Group resume. Dari beberapa model tersebut yang paling banyak dikembangkan adalah STAD dan Jigsaw.
1)      STAD (Student Teams Achievement Divisisons), merupakan pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Robert Slavin dari Universitas John Hopkins. Model ini menekankan kerja sama antar sesama anggota kelompok untuk mencapai ketuntasan belajar, serta setiap minggu atau setiap dua minggu dilakukan evaluasi dan pemberian skor.
2)      JIGSAW, merupakan pembelajaan kooperatif yang terdiri dari kelompok pakar (expert group) dan kelompok awal (home teams), dimana setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk mempelajari bagian akademik dari semua bahan akademik yang disodorkan guru.
3)      GI (Group Investigation), merupakan pembelajaran kooperatif dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam menentukan topic maupun cara untuk pembelajaran secara investigasi. Metode ini menuntut para siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Tidak ada komentar: