Selasa, 24 Maret 2020

Inovasi Pembelajaran (skripsi dan tesis)

Inovasi sebagai implementasi dari yang baru atau secara signifikan meningkatkan produk/jasa atau proses. Dalam dunia pendidikan bahwa inovasi pembelajaran merupakan suatu metode untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Organisasi pendidikan seperti sekolah, universitas, pusat pelatihan, atau penerbit pendidikan dapat memperkenalkan 1) produk dan layanan baru, seperti silabus baru, buku teks atau sumber daya pendidikan; 2) proses baru untuk memberikan layanan mereka, seperti penggunaan ICT dalam layanan e-learning; 3) cara-cara baru mengatur kegiatan mereka, seperti TIK untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Ketiga cara tersebut merupakan praktik baru untuk meningkatkan penyediaan pendidikan dengan satu atau lain cara, dan karenanya harus dianggap sebagai perbaikan. Inovasi dapat menambah nilai dalam hal pendidikan yaitu (1) Inovasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan kualitas penyediaan pendidikan. Hal tersebut seperti perubahan dalam sistem pendidikan atau metode pengajaran yang dapat membantu menyesuaikan proses pendidikan bagi siswa (2) pendidikan dirasakan di sebagian besar negara sebagai sarana untuk meningkatkan kesetaraan dan kesetaraan. Inovasi dapat membantu meningkatkan kesetaraan dalam akses dan penggunaan pendidikan, serta kesetaraan dalam hasil pembelajaran (OECD, 2016).
Menurut Yu-Je Lee (2011), bahwa inovasi pembelajaran memiliki tujuan untuk (1) mengembangkan kemampuan siswa dalam independen analisis, pemikiran dan penilaian; (2) merangsang minat siswa dan motivasi untuk belajar; (3) Penyadapan potensi siswa dalam kreativitas dan penyelesaian masalah; dan (4) meningkatkan kemampuan pembelajaran siswa.
Pembelajaran kreatif dan inovatif mesti terus dikembangkan oleh guru karena pembelajaran yang dilakukan pada umumnya masih berpusat pada guru, menurut Gultom (2013) guru yang hebat merupakan guru yang mampu menciptakan inovasi dalam pembelajaran sebab siswa diharapkan tidak hanya memiliki intelenji yang baik. Akan tetapi, perlu dibentuk sikap sosial dan spiritual. Harapan tersebut akan tercapai bila adanya inovasi-inovasi dalam pembelajaran. 

Tidak ada komentar: