Rabu, 25 Maret 2020

Ekuitas Merek (Brand equity) (skripsi dan tesis)


Menurut Aaker (1991) Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau melindungi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada konsumen. Terdapat lima dimensi dari Ekuitas Merek menurut Aaker (1991:15) yaitu:
 1. Kesadaran Merek (Brand Awareness), adalah kemampuan pelanggan untuk mengenali atau mengingat kembali sebuah merek dan mengaitkannya dengan satu kategori produk tertentu.
2. Asosiasi Merek (Brand Association), berkenaan dengan segala sesuatu yang terkait dalam memori pelanggan terhadap sebuah merek.
 3. Kualitas Persepsian (Perceived Quality),kualitas terhadap merek menggambarkan respons keseluruhan pelanggan terhadap kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek
 4. Loyalitas Merek (Brand Loyalty), adalah komitmen kuat dalam berlangganan atau membeli kembali suatu merek secara konsisten di masa mendatang.
5. Aset-aset hak milik yang lain, mewakili aset seperti paten, dan saluran distribusi. Empat dimensi yang pertama tersebut merupakan aset-aset utama dari Ekuitas Merek, sedangkan aset-aset merek lainnya hanya sebagai pelengkap.

Tidak ada komentar: