Mengingat konsep dari
pembelajaran kontekstual, Johnson mengemukakan ada delapan komponen utama
karakteristik dalam pembelajaran kontekstual sebagai berikut:53
1.
Melakukan hubungan yang bermakna (making meaningful connections). Artinya siswa dapat mengatur diri sendiri sebagai orang yang belajar secara aktif dalam
mengembangkan minatnya secara individual, orang yang dapat bekerja sendiri atau
bekerja dalam kelompok dan orang yang dapat belajar sambil berbuat (learning by doing).
2.
Melakukan kegiatan-kegiatan yang
signifikan (doing significany work). Artinya siswa membuat
hubungan-hubungan antara sekolah dan
berbagai konteks yang ada dalam kehidupan nyata sebagai pelaku bisnis dan
sebagai anggota masyarakat.
3.
Belajar yang diatur sendiri (self regulated learning).
4.
Bekerja sama(collaborating). Artinya siswa dapat bekerja sama, guru membantu
siswa bekerja secara efektif dalam kelompok, membantu mereka memahami bagaimana
mereka saling mempengaruhi dan saling berkomunikasi.
5.
Berpikir kritis dan kreatif (critical and creative thinking).
Artinya siswa dapat menggunakan tingkat berpikir yang lebih tinggi secara
kritis dan kreatif, dapat menganalisis, membuat sintesis, memecahkan masalah,
membuat keputusan, dan menggunakan logika serta bukti-bukti.
6.
Memelihara pribadi siswa (nurturing the individual). Artinya
siswa memelihara pribadinya: mengetahui, memberi perhatian, memiliki
harapan-harapan yang tinggi, memotivasi dan memperkuat diri sendiri. Siswa
tidak dapat berhasil tanpa dukungan orang dewasa.
7.
Mencapai standar yang tinggi (reaching high standards). Artinya siswa
mengenal dan mencapai standar yang tinggi: mengidentifikasi tujuan dan
memotivasi siswa untuk mencapainya.
8.
Menggunakan penilaian autentik dalam penilaian
sehari-hari.
Dalam pembelajaran kontekstual, program pembelajaran kelas yang
dirancang oleh guru tentang
apa yang akan
dilakukan bersama siswa
selama
berlangsungnya
proses pembelajaran. Dalam program tersebut harus tercermin
penerapan
dari ketujuh komponen pembelajaran kontekstual dengan jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar