Selasa, 24 Maret 2020

Tujuan dan Fungsi Menggunakan VCT (skripsi dan tesis)

Ada beberapa ahli yang menyebutkan tujuan dari VCT, seperti Simon & deSherbirin (1972), Kirschenbaum (2013), dan Gray (1987). Menurut Simon &deSherbirin (1975: 680) tujuan VCT adalah membantu peserta didik supaya menjadi lebih terarah, lebih produktif, mempertajam pemikiran kritis dan membantu siswa untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Senada dengan itu, Kirschenbaum (2013: 4) mengungkapkan bahwa tujuan VCT adalah untuk membantu individu atau kelompok dalam memperjelas dan mengaktualisasikan berdasarkan nilainya sendiri. Sementara menurut Wina Sanjaya (2013: 284) tujuan VCT adalah untuk mengukur atau mengetahui kesadaran siswa tentang nilai membina kesadaran siswa tentang nilai yang dimilikinya; menanamkan nilai kepada siswa dan melatih siswa cara menilai, menerima serta mengambil keputusan terhadap suatu persoalan.
Pada kesempatan lain, Gray (1987: 202) menyampaikan bahwa tujuan VCT tidak hanya menanamkan seperangkat nilai tertentu. VCT membantu peserta didik memanfaatkan proses menilai dalam mengambil keputusan. Gray lebih menekankan pada pengambilan keputusan berdasarkan langkah-langkah dalam VCT. Inilah yang membedakan pendapat Gray dengan beberapa pendapat di atas. VCT memungkinkan peserta didik untuk menguji perbedaan antara apa yang dinilai dengan yang dikatakan.
Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan VCT antara lain: membantu siswa dalam mengidentifikasi nilai-nilai mereka sendiri, memperjelas nilai, menanamkan nilai-nilai positif, mengarahkan siswa dalam mengambil keputusan dengan berfikir secara kritis. VCT juga membantu untuk memahami posisi orang lain yang berbeda dengan dirinya.

Tidak ada komentar: