Selasa, 24 Maret 2020

Tujuan Pembelajaran CTL (skripsi dan tesis)


Pembelajaran kontekstual dianggap perlu dilaksanakan di dalam sebuah sistem pendidikan karena sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengaplikasian ke dalam kehidupan nyata. Hal tersebut karena  konsep  akademik  yang  masih  bersifat  abstrak. Pembelajaran yang selama ini mereka terima hanyalah penonjolan tingkat  hafalan  dan  sekian  rentetan  topik  pembelajaran  tetapi tidak diikuti dengan pemahaman yang mendalam yang bisa diterapkan ketika mereka berhadapan dengan situasi baru dalam kehidupannya (Muslich, 2008:43).
Permasalahan yang telah mengakar di dalam pendidikan tradisional, berupa pembelajaran yang hanya menekankan pada kuantitas dan bukan pada kualitas. Para pengajar terlalu sibuk mengajar di kelas sepanjang hari untuk mengejar materi dengan waktu yang terbatas, sehingga siswa tidak punya waktu untuk bertanya, berdiskusi, mencari tahu, berpikir kritis, atau terlibat dalam proyek kerja nyata dan pemecahan masalah. Waktu siswa hanya dihabiskan untuk mengerjakan tugas, menerima materi dan menyelesaikan soal-soal latihan. Alih-alih mengikuti ujian yang bisa mengungkapkan pemahaman siswa, mereka hanya mengikuti ujian yang mengukur kemampuan siswa menghafal (Johnson, 2006:93).
Pembelajaran kontekstual diharapkan mampu mengembalikan pembelajaran yang alamiah, di mana siswa dapat menerapkan apa yang dia pelajari kedalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dianggap berhasil karena sistem ini meminta siswa bertindak dengan cara yang alami bagi manusia (Johnson,  2006:94).  Semua  orang  memiliki  dorongan  dari  dalam dirinya untuk menemukan makna dalam kehidupan mereka. Ketika siswa menemukan makna di dalam pelajaran mereka, mereka akan belajar dan ingat apa yang mereka pelajari. CTL membuat siswa mampu menghubungkan isi dari subjek-subjek dengan konteks kehidupan keseharian mereka untuk menemukan makna. Pemberian pengalaman-pengalaman baru yang merangsang otak membuat hubungan-hubungan baru, dapat membantu mereka menemukan makna baru.

Tidak ada komentar: