Pembelajaran kontekstual dianggap perlu dilaksanakan di
dalam sebuah sistem pendidikan karena sebagian besar
siswa tidak mampu
menghubungkan apa yang
mereka pelajari
dengan
bagaimana pengaplikasian ke dalam kehidupan nyata. Hal tersebut karena konsep akademik yang masih
bersifat abstrak.
Pembelajaran
yang selama ini mereka terima hanyalah penonjolan
tingkat hafalan dan sekian rentetan
topik
pembelajaran
tetapi tidak diikuti dengan pemahaman yang mendalam yang bisa diterapkan ketika mereka
berhadapan dengan situasi baru dalam
kehidupannya (Muslich,
2008:43).
Permasalahan yang telah
mengakar di dalam pendidikan
tradisional, berupa pembelajaran yang hanya
menekankan pada
kuantitas dan bukan pada kualitas. Para pengajar
terlalu sibuk
mengajar
di
kelas sepanjang hari untuk mengejar materi dengan
waktu yang terbatas, sehingga siswa tidak punya waktu untuk
bertanya, berdiskusi,
mencari tahu, berpikir kritis, atau terlibat dalam proyek kerja nyata dan pemecahan masalah. Waktu siswa hanya dihabiskan
untuk mengerjakan tugas, menerima materi dan menyelesaikan soal-soal latihan. Alih-alih mengikuti ujian yang bisa mengungkapkan pemahaman siswa,
mereka hanya mengikuti ujian
yang mengukur
kemampuan siswa menghafal
(Johnson, 2006:93).
Pembelajaran
kontekstual diharapkan mampu mengembalikan pembelajaran yang alamiah, di mana siswa dapat
menerapkan apa yang dia pelajari kedalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran
Kontekstual (CTL) dianggap berhasil karena sistem ini meminta siswa bertindak dengan
cara yang alami bagi manusia
(Johnson, 2006:94). Semua
orang memiliki
dorongan dari
dalam
dirinya untuk menemukan makna dalam kehidupan mereka.
Ketika
siswa menemukan makna di dalam pelajaran mereka, mereka akan
belajar dan ingat apa yang mereka pelajari. CTL membuat siswa mampu menghubungkan isi dari
subjek-subjek dengan konteks
kehidupan keseharian mereka untuk menemukan makna. Pemberian pengalaman-pengalaman baru
yang
merangsang
otak membuat hubungan-hubungan baru, dapat membantu
mereka
menemukan makna baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar