Rabu, 25 Maret 2020

Loyalitas Merek (Brand Loyalty) (skripsi dan tesis)


Menurut Aaker (2013) menjelaskan bahwa kesetian merek adalah suatu indikator
hubungan pelanggan pada suatu merek. Loyalitas merek merupakan inti dari Brand
Equity yang menjadi gagasan dalam pemasaran, karena hal ini digambarkan sebagai
perilaku pembelian berulang terhadap suatu merek tertentu yang dilakukan secara
konsisten untuk jangka waktu relatif lama. Kotler & Keller (2013) dengan pengelolaan
dan pemanfaatan yang benar, loyalitas merekdapat menjadi aset strategis bagi
perusahaan. Loyalitas merek memiliki 5 tingkatan, yaitu:
1. Switcher/ Price Buyer (pembeli yang berpindah-pindah)
Merupakan tingkat loyalitas yang paling besar.Dalam hal ini merek memegang
peranan yang kecil dalam keputusan pembelian, dimana konsumen lebih
memperhatikan harga dalam pembelian.
2. Habitual Buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan)
Merupakan pembeli yang puas dalam mengkonsumsi suatu produk atau
minimal konsumen tidak mengalami kekecewaan. Tidak ada alasan yang kuat
baginya untuk berpindah merek, terutama jika peralihan itu membutuhkan
usaha atau suatu tambahan biaya. Jadi, konsumen membeli suatu merek produk
karena kebiasaan.
3. Statisfied Buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan)
Merupakan kategori yang puas dengan merek yang mereka konsumsi. Namun
mereka dapat saja berpindah merek dengan memikul biaya peralihan
(Switching cost) seperti waktu, biaya, atau resiko yang timbul akibat biaya
peralihan tersebut.
4. Liker the Brand (menyukai merek)
Merupakan kategori pembeli yang benar-benar menyukai merek tersebut. Rasa
suka didasari oleh asosiasi yang berkaitan dengan simbol, rangkaian
pengalaman merek, atau persepsi kualitas yang tinggi.
5. Commited Buyer (pembeli yang berkomitmen)
Merupakan kategori pelanggan yang setia. Mereka mempunyai kebanggaan
dalam menggunakan suatu merek. Merek tersebut bahkan menjadi sangat
penting bagi mereka baik dari segi fungsinya maupun sebagai ekspresi
mengenai siapa mereka sebenarnya. Ciri-ciri yang tampak pada kategori ini
adalah tindakan pembeli untuk merekomendasikan atau mempromosikan
merek yang mereka gunakan kepada oranglain.

Tidak ada komentar: