Banyak sekali pendapat tentang matematika, sehingga pengertian
matematika
yang tepat tidak dapat ditentukan secara pasti.Matematika berasal dari
bahasa latin manthanein atau mathema yang berarti
‘belajar atau hal yang
dipelajari,
sedang dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau ‘ilmu pasti’.
Sebab matematika
berkaitan dengan istilah penalaran (reasoning)
dan merupakan
ilmu yang
membahas pola atau keteraturan.
Menurut Johnson dan Rising mengatakan bahwa
matematika adalah pola
fikir,
pola mengorganisasikan, pembuktian yang logika. Jhonson
dan Myklebust,
matematika adalah bahasa sombolis yang fungsi praktisnya untuk
mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan
fungsi
teoritisnya adalah untuk mempermudahkan berfikir.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa,
matematika merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan berbagai struktur/pola
abstrak dan hubungan antar struktur sehingga terorganisai dengan baik.
Matematika juga merupakan studi tentang pola dan hubungan, cara berpikir dengan
strategi organisai, analisis dan sintesis, seni, bahasa, dan alat untuk
memecahkan masalah-masalah abstrak dan praktis.
Guru yang baik seharusnya
menghubungan bidang studi dengan kehidupan nyata,kebiasaan siswa dalam belajar
dan keterbukaan dalam proses pembelajaran.Sehingga bukan hanya sebatas memberi
tugas-tugas saja kepada siswa.Tetapi harus praktis dengan tidak mengabaikan
keharusan pemahaman konsep yang merupakan pola struktur matematika. Matematika
seharusnya merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Tujuannya
adalah agar pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa dan dapat
memberikan bekal kompetensi yang memadai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar