Selasa, 24 Maret 2020

Hasil Belajar Matematika (skripsi dan tesis)



Banyak   sekali    pendapat   tentang   matematika,    sehingga    pengertian

matematika yang tepat tidak dapat ditentukan secara pasti.Matematika berasal dari

bahasa  latin   manthanein    atau   mathema   yang  berarti  ‘belajar atau  hal  yang

dipelajari, sedang dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau ‘ilmu pasti’.

Sebab matematika berkaitan dengan istilah penalaran (reasoning) dan merupakan

ilmu yang membahas pola atau keteraturan.

Menurut  Johnson dan Rising mengatakan bahwa matematika adalah pola

fikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logika. Jhonson dan Myklebust,  
matematika      adalah      bahasa     sombolis        yang      fungsi      praktisnya       untuk 

mengekspresikan   hubungan-hubungan   kuantitatif   dan   keruangan   sedangkan

fungsi teoritisnya adalah untuk mempermudahkan berfikir.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, matematika merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan berbagai struktur/pola abstrak dan hubungan antar struktur sehingga terorganisai dengan baik. Matematika juga merupakan studi tentang pola dan hubungan, cara berpikir dengan strategi organisai, analisis dan sintesis, seni, bahasa, dan alat untuk memecahkan masalah-masalah abstrak dan praktis.

Guru yang baik seharusnya menghubungan bidang studi dengan kehidupan nyata,kebiasaan siswa dalam belajar dan keterbukaan dalam proses pembelajaran.Sehingga bukan hanya sebatas memberi tugas-tugas saja kepada siswa.Tetapi harus praktis dengan tidak mengabaikan keharusan pemahaman konsep yang merupakan pola struktur matematika. Matematika seharusnya merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Tujuannya adalah agar pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa dan dapat memberikan bekal kompetensi yang memadai.

Berdasarkan uraian sebelumnya maka hasil belajar matematika dalam penelitian ini adalah kemampuan belajar yang dapat dicapai individu siswa setelah melaksanakan serangkaian proses belajar matematika, yang ditunjukkan berupa nilai atau angka terhadap pemahaman, penguasaan, pengetahuan materi untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran matematika di sekolah, yakni seberapa jauh keefektifannya dalam mencapai indikator yang telah ditentukan

Tidak ada komentar: