Selasa, 24 Maret 2020

Komponen Pembelajaran Kontekstual (skripsi dan tesis)



Ada 7 (tujuh) komponen pembelajaran kontekstual yaitu konstruktivisme

(Construktivism),   menemukan   (Inquiry),   bertanya   (Questioning),     masyarakat

belajar (Learning Community), pemodelan (Modelling), refleksi (reflection), dan

penilaian sebenarnya (Authentic Assessment).

Ketujuh komponen tersebut yaitu sebagai berikut:54
1)   Konstruktivisme (Landasan berfikir (filosofi) kontekstual, pengetahuan itu dibangun oleh diri sendiri, dimulai pengetahuan yang sedikit yang diperluaskan berdasar pengalaman dan interaksi sosial serta lingkungan).

2)   Questioning (Guru bertanya menggali informasi tentang apa yang sudah diketahui dan mengarah pada aspek yang diketahui. Bertanya merupakan analisis dan mengeksplorasi gagasan-gagasan).

3)   Inquiry (Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta didik diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta, tetapi hasil dari menemukan sendiri dengan cara (1) merumuskan masalah, (2) mengumpulkan data melalui observasi, (3) menganalisis dan menyajikan hasil tulisan, gambar, laporan, bagan, tabel, dan karya lainnya., (4) mengkomunikasikan atau menyajikan hasil karya pada pembaca, teman sekelas, atau audiens yang lain).

4)   Learning Community (Belajar merupakan sharing dengan teman atau bekerjasama dengan orang lain, saling memberi informasi).

5)   Modeling (Guru menciptakan peserta didik untuk meniru dengan mendemonstrasi dan mencontoh suatu pengetahuan keterampilan sehingga peserta didik dapat melakukannya).

6)   Reflection (Gambaran terhadap kegiatan atau pengetahuan yang baru saja diterima, peserta didik dapat merasakan ide-ide baru tersebut dalam pikirannya.

7)   Authentic assessement (Guru mempergunakanassessement sebagai gambaran perkembangan belajar pesrta didik melalui proses).

Tidak ada komentar: