Keterlibatan dengan celebrity oleh Maltby et.al, (2006) dibagi menjadi tiga dimensi
yang disebut sebagai Celebrity Attitude Scale (CAS), yang bisa digambarkan sebagai
tingkatan, yaitu:
a. Entertaiment social
Pada level ini individu biasanya dikaitkan dengan penggunaan media
sebagai sarana untuk mencari informasi mengenai idolanya dan senang
membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan idola dengan sesama teman yang mengidolakan idola yang sama sebagai hiburan yang didasari oleh
ketertarikan fans terhadap idola. Fans menganggap bahwa apa yang dilakukan
oleh idolanya adalah menarik dan menjadi hiburan bagi fans tersebut. Salah
satu contoh tipikal perilaku dalam aspek entertainment-social adalah ketika
individu gemar membicarakan tentang idolanya kepada sesama teman yang
mempunyai idola yang sama.
b. Intense-personal
Dimensi ini merefleksikan perasaan intensif dan empati terhadap idola,
hampir sama dengan tendesi obsesif pada fans. Hal ini menyebabkan individu
menjadi memiliki kebutuhan untuk mengetahui apapun tentang celebrity
tersebut, mulai dari berita terbaru hingga informasi mengenai pribadi celebrity.
Contoh perilaku yang menggambarkan tipikal Intense-personal, misalnya saat
individu merasa idolanya bisa menjadi pasangan hidupnya.
c. Borderline-pathological
Dimensi ini adalah yang paling tinggi dari hubungan parasosial dengan
celebrity. Hal ini digambarkan dalam sikap seperti kesediaan untuk melakukan
apapun demi celebrity tersebut meskipun hal tersebut melanggar hukum. Fans
yang seperti ini tampak memiliki pemikiran yang tidak terkontrol dan menjadi
irasional. Salah satu contoh perilaku yang menggambarkan tahapan borderlinepathological misalnya seorang individu rela memberikan uang sebanyak
sepuluh juta demi bisa membeli seprei yang pernah dipakai tidur oleh idolanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar