Selasa, 16 Maret 2021

Pengertian Manajemen Pemasaran (skripsi dan tesis)

 

Perusahaan memerlukan berbagai cara untuk dapat mengatur kegiatan pemasarannya agar sesuai dengan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan, dengan demikian diperlukan suatu pengaturan atau manajemen dalam hal ini adalah manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran menurut Djaslim Saladin (2012:3) adalah analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut Kotler dan Keller yang diterjemahkan oleh Benyamin Molan (2012:5), definisi manajemen pemasaran itu adalah: “Manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.”   Berdasarkan dua definisi di atas dapat diartikan jika manajemen pemasaran merupakan suatu seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan melakukan analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program dengan harapan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Manajemen pemasaran adalah faktor penting yang harus dikuasai oleh perusahaan agar mereka mampu bersaing dengan kompetitor dalam menjalankan aktivitas produksinya.

Tidak ada komentar: